Blog image

Admin

26 September 2022, 13:05

TIKI Bikin Untung Pelaku Usaha, Produk Lokal Jangkau Penjuru Nusantara

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) adalah satu diantara perusahaan besar jasa pengiriman barang di Indonesia.

Selama 52 tahun berkiprah, PT TIKI banyak membantu masyarakat, khususnya pelaku usaha dalam mengirim barang ke penjuru nusantara.

Lantas, bagaimana kisah pelaku UMKM yang senantiasa berkirim barang lewat PT TIKI dan mampu bangkit di masa pandemi Covid-19, berikut kisahnya.

Prima Takasi Ginting terbilang cukup muda. Usianya baru 30 tahun.

Tapi siapa sangka, di usia yang begitu muda, lelaki yang baru saja menikah ini ternyata seorang pengusaha sukses di bidang pengolahan obat herbal, khususnya minyak khas Karo cap Mejuah-juah.

Dalam satu bulan, Prima bisa meraup omzet hingga Rp 60 juta dari usahanya ini.

Namun, perjuangannya untuk sukses tidak terbilang mudah.

Ia jatuh bangun memulai usaha dari nol, ketika duduk di semester akhir perkuliahan di Universitas Negeri Medan (Unimed).

“Sebenarnya saya mulai usaha ini karena ketidak sengajaan,” kata Prima, Selasa (19/7/2022).

Prima bilang, kala itu ia kesulitan dana untuk melanjutkan perkuliahan, karena sudah tidak mendapatkan beasiswa lagi.

Lantaran tidak ingin putus kuliah, Prima kemudian memberanikan diri untuk membuat ramuan herbal, khususnya minyak khas Karo berbahan rempah-rempah alami.

“Karena saya sudah kehabisan uang, saya kemudian coba-coba membuat minyak Karo, yang sebelumnya sudah diajarkan oleh ayah saya,” kata warga Dusun V, Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang ini.

Lantaran dirinya mengambil jurusan Pendidikan Tata Rias, Prima pun mulai meracik minyak khas Karo dengan berbagai macam varian.

Saat itu, Prima meracik minyak khas Karo dengan wewangian cengkih dan sereh.

Setelah dipasarkan, ternyata respon masyarakat cukup baik.

Masyarakat kemudian meminta Prima untuk membuat jenis minyak lainnya, seperti minyak rambut, minyak penyembuh luka dan patah tulang, hingga shampo untuk hewan.

Atas permintaan masyarakat, Prima kemudian membuat produk minyak rambut berbahan alami.

Dia juga membuat minyak urut dan luka bakar dari rempah-rempah, seperti gagatan harimau, dan akar-akaran lain yang tumbuh di alam liar.

“Yang pakai minyak rambut buatan saya, ternyata mereka puas. Awalnya kan mereka mengalami kebotakan atau rambutnya tipis, setelah pakai produk saya, rambutnya tumbuh subur,” kata Prima.

 

 

Karena begitu banyak testimoni yang baik dari masyarakat, Prima pelan-pelan mengembangkan usahanya itu secara rumahan.

Dia kemudian mempekerjakan sejumlah masyarakat, yang tak lain tetangganya sendiri.

Di awal usaha, Prima bisa memasarkan puluhan botol minyak khas Karo dengan berbagai kegunaan.

Karena begitu banyak testimoni yang baik dari masyarakat, Prima pelan-pelan mengembangkan Paling banyak dipesan, adalah minyak khas Karo untuk urut dan untuk bayi.

“Jadi minyak khas Karo untuk bayi ada juga saya buat. Ini minyaknya berguna untuk anak yang sering masuk angin dan susah tidur,” kata Prima.

Jika minyak urut untuk dewasa terasa panas, maka untuk bayi dibuat menjadi dingin.

Sehingga, kata dia, bayi yang dibalur minyak Karo khusus buatannya bisa tidur pulas, tanpa khawatir kepanasan.

“Banyak sekali ibu-ibu yang kemudian memesan minyak untuk bayi ini,” kata Prima.

Lambat laun, usahanya makin berkembang.

Prima mendapat dukungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Deliserdang.

Bahkan, ia juga menjadi binaan perusahaan PT Pertamina.

Atas berbagai dukungan itu, Prima pun mendapat bantuan mesin pres, hingga bantuan modal usaha dan pendampingan usaha.

Untuk saat ini, harga minyak Karo yang ia jual terbilang cukup terjangkau.

Satu botol ukuran kecil dibanderol dengan harga Rp 25 ribu.

Jika ingin menjadi reseller, Prima pun memberikan harga khusus.

“Tapi saat pandemi kemarin, saya sempat goyang juga,” katanya.

Meski begitu, Prima tak patah arang.

Ia terus memasarkan produknya, tidak hanya dari mulut ke mulut, tapi juga lewat media sosial.

 

Peran Besar TIKI

Saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, khususnya di Sumatera Utara, Prima sempat kelimpungan memasarkan produk minyak Karo buatannya.

Tapi siapa sangka, berkat PT TIKI, produk minyak Karo milik Prima justru bisa mendarat ke berbagai tempat di Nusantara.

“Waktu di masa pandemi itu, saya beberapa kali melakukan pengiriman lewat PT TIKI. Produk milik saya bisa sampai ke Palembang, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya,” kata Prima.

 

Tiap kali pengiriman, lanjut Prima, ia bisa mengirim puluhan botol dengan berat bervariasi.

“Kemarin pernah juga kirim barang beratnya sampai 5 Kg. Kalau ukuran 5 Kg itu puluhan botol lah,” terang Prima.

Disinggung kenapa dirinya memilih PT TIKI untuk berkirim barang, Prima menegaskan bahwa jasa kurir PT TIKI dinilainya tidak terlalu merepotkan dalam hal pengiriman barang.

Prima bilang, jika jasa pengiriman lain banyak syarat yang harus dipenuhi, PT TIKI justru lebih mempermudahnya.

“Karena produk saya ini dalam bentuk cairan, PT TIKI hanya menyampaikan, yang penting barang dikemas dengan rapi saja. Tidak perlu ada ini dan itu,” kata Prima.

Jika di jasa kurir lain, Prima harus menambah biaya untuk membeli styrofoam khusus guna membungkus produknya.

Di PT TIKI, cukup dikemas rapi dan dipastikan tidak bocor, barang pun sudah siap dikirim ke berbagai daerah di Nusantara guna dipasarkan.

“Ya, bagi saya cukup membantu sekali lah. Barang bisa sampai kemana-mana,” kata Prima, yang saat ini sudah bekerjasama dengan 5.000 apotek di Sumatera Utara.

Terpisah, Kepala Cabang PT TIKI Medan, Suhal Doni Ivantho berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM agar bisa memasarkan dan mengirim barang hingga ke pelosok Nusantara.

Suhal bilang, dalam rangka mendukung pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM, PT TIKI sering memberikan promo khusus kepada pelanggan setianya.

“Kami juga sering memberikan diskon biaya pengiriman. Apalagi untuk pelaku UMKM dan online shop,” kata Suhal.

Ia mengatakan, jika costumernya itu adalah mahasiswa, maka potongan biaya pengiriman bisa sampai 20 persen.

“Kalau pelaku usaha itu diskonnya 15 persen. Jika mahasiswa, diskonnya 20 persen, dengan syarat menunjukkan kartu tanda mahasiswa,” terang Suhal.

Selain diskon, PT TIKI juga memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memantau barang kirimannya.

Sehingga barang kiriman benar-benar bisa dicek secara langsung hingga nantinya sampai ke tangan penerima.

“Kemudahan yang kami berikan itu misalnya dalam pengecekan status kiriman secara real time, cek tarif, cek lokasi. Kemudian ada juga fasilitas Jempol,” kata Suhal.

Adapun fasilitas Jempol ini merupakan singkatan dari Jemput Online.

Fasilitas ini merupakan penjemputan barang yang bisa dibooking melalui aplikasi TIKI secara online.

“Sehingga penjemputan barang dan dokumen itu lebih mudah, serta gratis tanpa minimum berat,” katanya.

Aplikasi Jempol TIKI ini pun bisa didownload di Google Play atau App Store.

 

Program TIKI Beri Keuntungan

Direktur Utama PT TIKI, Yulina Hastuti menjelaskan, dalam mendukung pelaku UMKM, terlebih-lebih di masa pandemi dan era normal, pihaknya turut meluncurkan berbagai program yang dapat menguntungkan pelaku usaha.

Satu diantara program PT TIKI adalah TIKI SERLOK.

Adapun TIKI SERLOK ini singkatan dari Seller Online Booking.

TIKI SERLOK diluncurkan sejak tahun 2020 lalu.

“TIKI SERLOK ditujukan bagi para pelaku UMKM yang memasarkan produknya melalui jaring media sosial, dan yang belum tergabung dalam market place besar, baik yang telah berbadan hukum maupun orang perorangan,” kata Yulina Hastuti, dalam kegiatan Media Gathering & Talkshow bertajuk “Berbisnis Rumahan Semakin Mudah Bersama TIKI SERLOK”.

Yulina menjelaskan, melalui TIKI SERLOK, TIKI memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan lebih bagi pelaku UMKM dan pedagang online, khususnya dalam melakukan transaksi pengiriman menggunakan produk TIKI.

“Mulai dari diskon harga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran mulai dari fasilitas Cash on Delivery, hingga pelunasan H+2 menggunakan virtual account,” katanya.

Tidak hanya itu, TIKI SERLOK juga memberikan kemudahan fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller.

“Online seller juga akan memperoleh informasi dan mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan edukasi dan promo marketing yang diselenggarakan TIKI,” terang Yulina.

Tidak hanya TIKI SERLOK saja, PT TIKI juga punya program TIKI PUTAR (Jemput Antar) dan SDS KITA (Same Day Service Kuliner Nusantara).

“Kami melihat pertumbuhan yang cukup pesat dari kedua produk yang kami luncurkan di pertengahan tahun 2020 lalu, ketika awal masa pandemi. Oleh karena itu, kami akan terus memperluas jangkauan produk TIKI PUTAR dan SDS KITA ke kota-kota lainnya di seluruh Indonesia,” terang Yulina.

Ia menjelaskan, adapun TIKI PUTAR ini merupakan inovasi produk city courier yang memberikan pilihan pengantaran dalam hitungan jam di hari yang sama, dan lebih cepat dari produk Same Day Service.

“Kurir akan menjemput barang ke titik penjemputan yang telah ditentukan pelanggan, dan akan langsung mengantarkan barang ke titik tujuan,” terangnya.

“TIKI PUTAR dapat diakses di Aplikasi TIKI. Saat ini TIKI PUTAR telah tersedia di kota-kota besar,” kata Yulina.

Adapun kota-kota besar yang bisa menggunakan program TIKI PUTAR diantaranya Jakarta, Banjarmasin, Bandung, Mataram, Bogor, Bekasi, Cirebon, Cianjur, Cilacap, Jember, Yogyakarta, Kudus, Pekalongan, Pekanbaru, Sukabumi, Solo, Surabaya, Tegal, Bandar Lampung, serta Makassar.

“Sementara itu SDS KITA merupakan produk Same Day Service yang ditujukan untuk mengakomodasi kerinduan para pecinta kuliner nusantara yang selama masa pandemi ini tidak dapat melancong ke berbagai daerah di Indonesia untuk menikmati kuliner daerah. Dengan produk SDS KITA, kiriman kuliner akan tiba di hari yang sama dengan biaya yang sangat kompetitif,” terang Yulina.

Saat ini, sambungnya, SDS KITA telah menjangkau 16 daerah dan akan terus di perluas di tahun 2022 ini. 

 

 

 

Sumber: https://medan.tribunnews.com/2022/08/17/tiki-bikin-untung-pelaku-usaha-produk-lokal-jangkau-penjuru-nusantara?page=4.

Penulis: Array A Argus | Editor: mustaqim indra jaya