Fakta Menarik Fiba Basketball World Cup 2023

Hai Sobat. Ajang bergengsi olahraga bola basket di dunia (FIBA Basketball World Cup ) kembali diadakan. Indonesia mengukir sejarah dalam dunia olahraga dengan terpilih sebagai tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023. Kejuaraan Internasional itu akan diselenggarakan dari 25 Agustus sampai 10 September 2023 secara keseluruhan dari babak fase grup sampai dengan final. 

Ada beberapa fakta menarik nih di ajang FIBA Basketball World Cup 2023, yuk disimak ya:

1. Diadakan di tiga negara tuan rumah

Tahun ini untuk pertama kalinya, turnamen FIBA World Cup ke-19 akan diadakan di tiga negara tuan rumah sekaligus yaitu Filipina (Manila), Jepang (Okinawa) dan Indonesia (Jakarta). FIBA World Cup 2023 adalah kompetisi dunia yang diadakan empat tahun sekali. FIBA Basketball World Cup ​​pertama berlangsung di Argentina pada tahun 1950. Dan sejka saat itu, puluhan tim dari seluruh dunia akan memperebutkan piala paling bergengsi di cabang olahraga basket.

2. Kali pertama Indonesia jadi tuan rumah

Ini merupakan pengalaman pertama Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah FIBA World Cup. Indonesia nantinya akan menggelar babak penyisihan grup, sedangkan 16 besar hingga final berlangsung di Manila. Meskipun pertama kali menggelar FIBA World Cup, Indonesia masih cukup berpengalaman menjadi tuan rumah turnamen basket internasional. Indonesia sudah dua kali menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup yaitu pada tahun 1993 dan 2022. 

3. Digelar di Stadion Indonesia Arena

Pemerintah Indonesia mendukung penuh turnamen FIBA World Cup 2023 dengan membangun stadion basket bernama Indonesia Arena di kawasan Senayan, Jakarta. Dibangun di atas lahan seluas 30.720 m², stadion ini memiliki luas tapak bangunan sebesar 20.852,79 m². Stadion berkapasitas 16 ribu penonton itu nantinya bisa digunakan oleh beberapa cabor lainnya tidak hanya untuk basket.

Pembangunan Indonesia Arena sendiri sudah dimulai sejak Desember 2021. Indonesia Arena terinspirasi dari markas Tim NBA Los Angeles Lakers.

4. Munculnya Tim-Tim Pendatang Baru

Turnamen ini juga menjadi panggung bagi tim-tim pendatang baru yang berhasil membuat kejutan. 

Tim-tim pendatang baru di FIBA World Cup kali ini adalah : Adapun keempat tim yang akan debut pada Piala Dunia Basket 2023 adalah Tanjung Verde, Georgia, Latvia, dan Sudan Selatan.

Beberapa tim yang sebelumnya jarang diperhitungkan mampu menunjukkan permainan yang mengagumkan, bahkan mengalahkan tim-tim yang diunggulkan. Hal ini membuktikan bahwa kejutan-kejutan selalu mungkin terjadi dalam olahraga dan siapa pun bisa menjadi bintang.

5.Teknologi dan Analitik Canggih

Turnamen ini juga menunjukkan perkembangan teknologi dan analitik yang digunakan dalam olahraga modern. Stadion Indonesia Arena dilengkapi berbagai teknologi canggih, misalnya tribune penonton yang dapat terlipat secara otomatis, serta jumbotron alias layar raksasa di empat sudut stadion. Selain itu, penggunaan teknologi seperti replay dan sensor untuk mengukur performa pemain semakin meningkatkan kualitas dan keadilan dalam permainan

Ayo sobat, siapa tim favoritmu di kejuaraan basket dunia ini? Nih mas TIKI kasih daftar negara yang berlaga di Piala Dunia Basket 2023 

Afrika: Angola, Tanjung Verde, Pantai Gading, Mesir, Sudan Selatan 

Amerika: Brasil, Kanada, Republik Dominika, Meksiko, Puerto Riko, AS, Venezuela 

Asia: Australia, Cina, Iran, Jepang, Yordania, Lebanon, Selandia Baru, Filipina 

Eropa: Prancis, Finlandia, Georgia, Jerman, Yunani, Italia, Latvia, Lituania, Montenegro, Serbia, Slovenia, Spanyol

Ini jadwal pertandingannya sobat:

28 Agustus 2023

16.15 WIB Pantai Gading vs Iran

20.30 WIB Brasil vs Spanyol

 

29 Agustus 2023

16.45 WIB Lebanon vs Prancis

20.30 WIB Kanada vs Latvia

 

30 Agustus 2023

16.45 WIB Pantai Gading vs Brasil

20.30 WIB Iran vs Spanyol

 Semoga pertandingan olahraga bola basket di dunia (FIBA Basketball World Cup) ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional ya sobat!