Sehatkan Tubuh Dan Beri Manfaat Bagi Kesehatan Dengan Donor Darah

Hai sobat, di TIKI cabang Pemuda Jakarta sedang diadakan donor darah. Apakah kamu pernah melakukan donor darah? Meskipun banyak orang yang merasa takut dengan berbagai alasan, nyatanya donor darah memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Mas TIKI kasih tahu 10 manfaat positif yang dapat kamu dapatkan setelah melakukan donor darah.

Mengurangi Penyakit Jantung

Donor darah dapat membuat jantungmu senantiasa sehat. Dengan meningkatkan zat besi dalam darah, donor darah juga mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.

Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Bagi yang menginginkan gaya hidup sehat, donor darah secara teratur membantu membakar kalori dalam tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan. Rata-rata, 650 kalori dapat terbakar saat memberikan 450 ml darah.

Menurunkan Risiko Kanker

Donor darah juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama karena berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh setelah melakukan donor darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Donor darah secara teratur dapat menurunkan kekentalan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Kekentalan darah yang berlebihan dapat meningkatkan gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Meningkatkan Produksi Darah

Donor darah secara teratur merangsang produksi sel-sel darah baru, menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi lebih efisien.

Menenangkan Pikiran

Penelitian psikologi menunjukkan bahwa donor darah dengan tujuan menolong orang lain dapat membuat pikiran menjadi lebih stabil dan mengurangi risiko kematian.

Bagian dari Pemeriksaan Kesehatan

Donor darah dapat dijadikan bagian dari pemeriksaan kesehatan diri. Melalui analisis darah di laboratorium, dapat ditemukan tanda-tanda penyakit tertentu.

Menjadi Lansia yang Sehat

Melakukan donor darah secara rutin dapat membantu seseorang tetap sehat hingga usia lanjut, menjaga kesehatan dan kebugaran di masa tua.

Menurunkan Kolesterol

Donor darah secara teratur dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, membuktikan bahwa hal ini berkaitan dengan penurunan kadar LDL.

Mempercepat Proses Pemulihan Luka

Donor darah membantu mempercepat proses pemulihan luka. Penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah setelah donor darah berkontribusi pada pemulihan yang lebih cepat saat tubuh mengalami luka.

Jadi, jangan ragu untuk menjadi pendonor darah, karena selain membantu orang lain, kamu juga akan merasakan berbagai manfaat positif untuk kesehatanmu sendiri. Yuk, jadilah bagian dari aksi kemanusiaan dengan donor darah!