Anak Terlindungi, Indonesia Maju: Peringatan Hari Anak Nasional 2024

Hai sobat! Tanggal 23 Juli 2024 ini, kita memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang ke-40. Peringatan ini diadakan untuk menekankan pentingnya perlindungan anak demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Tema Hari Anak Nasional 2024 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju."

 

Tema ini dipilih untuk menyoroti sejumlah tujuan dan persoalan yang harus dihadapi bersama. Mengingat pentingnya peran anak-anak dalam membangun bangsa, Hari Anak Nasional 2024 memiliki tema utama dan beberapa sub tema yang relevan:

 

Anak Cerdas, Berinternet Sehat

Di era digital ini, anak-anak Indonesia diharapkan mampu memahami dan memilih mana yang baik dan buruk dalam penggunaan internet. Tujuannya adalah untuk mencegah berbagai dampak negatif yang dapat terjadi akibat penggunaan internet yang tidak bijak.

 

Suara Anak Membangun Bangsa

Memberikan ruang bagi anak-anak untuk menyampaikan pandangan dan pendapat mereka demi memastikan kebutuhan pemenuhan hak dan perlindungan dapat dilakukan sesuai dengan kepentingan mereka.

 

Pancasila di Hati Anak Indonesia

Anak-anak diajak untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, meskipun di tengah arus globalisasi yang kuat dan pengaruh buruknya.

 

Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor

Anak-anak didorong untuk memiliki keberanian dan jiwa kepemimpinan yang baik agar mereka berani memperjuangkan hak-hak mereka dan menjadi pelopor dalam melawan pelanggaran hak anak.

 

Pengasuhan Layak Untuk Anak: Digital Parenting

Orang tua harus menyadari pentingnya pola asuh yang mendukung perkembangan anak di era digital ini. Kesadaran ini penting agar anak-anak dapat tumbuh dengan baik dan terlindungi.

 

Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting

Upaya untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak, dan stunting dengan membangun komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat, dan keluarga untuk memastikan hak anak terpenuhi, serta anak tumbuh sehat dan terlindungi dari segala ancaman.

 

Hari Anak Nasional dilatarbelakangi oleh Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Hadirnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak juga menjadi landasan penting bagi pemerintah untuk memberikan perhatian lebih kepada anak-anak Indonesia, khususnya terkait kesejahteraan mereka.

 

Sejak disahkannya Undang-Undang tersebut, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan anak dan mendorong kepedulian semua pihak melalui penyelenggaraan Peringatan Hari Anak Nasional. Tahun ini, dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju," diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam melindungi dan memajukan anak-anak Indonesia.

 

Teruntuk anak-anak di seluruh Indonesia, jangan pernah ragu akan potensi diri kalian untuk mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Selamat Hari Anak Nasional tahun 2024! Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia yang lebih maju dengan anak-anak yang terlindungi dan berdaya.