Blog image

Admin

06 December 2021, 09:29

5 Cara Bekerja Lebih Cerdas

Hai Sobat, di hari Senin yang indah ini, Mas TIKI berdoa supaya kamu semua dalam keadaan sehat ya. Kali ini Mas TIKI akan memberikan tips bagaimana cara bekerja lebih cerdas.

TIDAK ADA GANGGUAN

Distraksi seperti media sosial, SMS, atau bahkan hanya suara notifikasi terbukti menjadi penyebab nomor 1 rendahnya produktivitas dalam bekerja. Tentukan jangka waktu tertentu sobat akan bekerja dan matikan ponsel, lalu aktifkan mode pesawat sehingga kamu tidak memiliki gangguan saat bekerja. Berlatihlah setiap hari pasti akan membawa fokus dan produktivitasmu ke tingkat yang baru

GUNAKAN TEKNIK POMODORO

Teknik Pomodoro adalah solusi manajemen waktu yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa perguruan tinggi bernama Francesco Cirillo di tahun 1980-an. Selain digunakan sebagai nama untuk timer pilihan Cirillo, Pomodoro adalah istilah yang dipakai untuk setiap periode waktu yang menurut teknik aslinya adalah sepanjang 25 menit. Jadi, idenya adalah: bekerja selama satu Pomodoro yang panjangnya 25 menit, lalu beristirahat sebentar.

Studi menunjukkan, bahwa bekerja dalam potongan-potongan pekerjaan meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan. Potong pekerjaan kamu menjadi 20-25 menit kerja, dan kemudian 5-10 menit istirahat. Dalam waktu kerja, satu-satunya fokus kamu adalah menyelesaikan satu hal. Nyalakan mode pesawat dan fokus selama 25 menit. Setelah pengatur waktu berbunyi, istirahatlah untuk bergerak secara fisik, istirahat sejenak, dan bersiap untuk Pomodoro berikutnya. Biasanya setelah 4 sesi 25 menit yang terbaik adalah merencanakan istirahat yang lebih lama selama 30-40 menit.

MINTA BANTUAN

Temukan kekuatan sobat dan fokuslah pada mereka. Lalu temukan juga kelemahanmu, dan temukan orang yang tepat untuk menolongmu. Misalnya kamu benar-benar pandai copywriting untuk bisnis, tetapi desain adalah kelemahanmu. Fokuskan waktumu untuk menulis lebih banyak salinan, dan temukan orang yang tepat untuk membuat desain darinya. Ini akan membantumu mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat, dan mempertahankan kualitas tertinggi.

ATURAN 6 GOL

Bertujuan untuk menyelesaikan 20 tugas dalam 1 hari mungkin hanya akan membuat sobat menunda sebagian besar pekerjaan tanpa berfokus pada kualitas. Setiap hari, cobalah untuk menyelesaikan tidak lebih dari 6 tugas. Bekerja sampai menyelesaikan 6 tugas ini untuk hari ini. Tugas yang tidak Anda selesaikan, dipindahkan ke hari berikutnya. Jadi jika kamu menyelesaikan 4 tugas, kamu hanya dapat menambahkan 4 tugas lagi untuk hari berikutnya, menjaga daftar Anda tetap bersih dengan 6 tugas sekaligus.

RENCANA KE DEPAN DENGAN FORMULA INI

Lakukan tugas hanya yang penting dan mendesak dahulu, lalu kamu dapat melakukan tugas yang lainnya.

Selamat mencoba ya sobat. Selamat hari Senin!