Blog image

Admin

08 December 2021, 09:40

Material yang Dapat Digunakan untuk Pengemasan Barang

Mengemas barang (packing) dengan rapi dan aman adalah faktor yang harus diperhatikan dan diterapkan dengan baik agar barang yang dikirim dapat sampai ke penerimanya dengan aman. Kali ini mas TIKI akan memberitahukan material apa saja yang dapat digunakan saat mengemas barang untuk dikirim.

  • KARDUS
    Kardus merupakan bahan pembungkus paket yang paling sering digunakan. Di dalamnya, Sobat dapat memasukkan beberapa barang. Sesuaikan ukuran barang yang akan Sobat kirim dengan ukuran kardus yang akan digunakan.
  • STYROFOAM
    Styrofoam dapat menjadi alternatif lain untuk mengirimkan barang. Styrofoam sendiri merupakan bahan yang tidak mudah rusak sehingga sangat aman digunakan sebagai pembungkus berbagai barang.
  • KOTAK KAYU
    Jika Sobat menjual produk barang-barang mudah pecah, atau memiliki dimensi yang besar dan bernilai tinggi seperti laptop, komputer, smartphone, dsb; sebaiknya Sobat pertimbangkan untuk memakai kotak kayu.
    Dengan menggunakan kayu untuk mengemas barang-barang yang disebutkan di atas, maka paket yang Sobat kirim kepada pelanggan akan lebih aman dari tumpukan dan tekanan.
  • BUBBLE WRAP
    Bubble wrap, adalah bahan yang terbuat dari plastik dengan gelembung udara yang berfungsi untuk menahan tekanan pada saat pengiriman sehingga paket yang dikirim aman dari kerusakan. Biasanya Bubble wrap di gunakan untuk melapisi barang yang akan dikirim sebelum di masukkan ke dalam kardus.
  • KERTAS KORAN
    Kertas koran dapat menjadi bahan pembungkus sebagai alternatif saat kardus tidak ada. Kertas koran juga bisa diganti dengan bungkus kado berbagai motif agar terlihat lebih menarik.
  • PLASTIK
    Plastik juga dapat menjaga barang yang Sobat kirimkan agar tidak basah apabila terkena air. Biasanya jika tidak ada bubble wrap, plastik digunakan untuk membungkus barang yang akan dikirimkan.
  • LAKBAN
    Lakban memiliki daya rekat yang kuat dan dapat merekatkan segala jenis material pengemasan. Selain itu lakban juga dapat mencegah dari terjadinya kebocoran.

Nah sobat selamat mengirim paket dengan packing yang baik dan aman. Jangan lupa kirim paket pake TIKI aja ya.