Blog image

Admin

17 January 2022, 18:04

BELAJAR MENGENAL ETIKA BEKERJA DI JEPANG

Halo Sobat, Semangat Senin ya! Hari ini Mas TIKI akan mengajak kalian untuk mengenal sedikit lebih dalam lagi tentang budaya kerja di Jepang. Kenapa Jepang? Karena Mas TIKI mengganggap negara Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai etika bekerja yang baik. Apa saja etika bekerja di Jepang? Ini dia:

Lima menit lebih Awal

Para pekerja di Jepang Jepang selalu mengutamakan tepat waktu (baca: lima menit lebih awal). Karena di Jepang, ada pepatah yang mengatakan, “Menjadi sepuluh menit lebih awal berarti lebih awal, lima menit lebih awal berarti tepat waktu, tepat waktu berarti kamu terlambat”. Baik itu pertemuan penting, konsultasi satu lawan satu, atau pesta kantor akhir tahun. Menurut Mas TIKI, jika kita menerapkan ini di pekerjaan kita, kita akan lebih baik dalam bekerja. Dengan datang lima menit lebih awal, berarti kita tidak seperti diburu-buru oleh waktu. Dan kita juga masih dapat melakukan hal yang lain, seperti sarapan misalnya.

"Seragam Kantor"

Para pekerja di Jepang mempunyai “Seragam Kantor” yaitu kerapian. Selain memakai pakaian rapi, mereka juga memiliki rambut yang bersih, terpotong rapi, dan wangi. Kalau menurut Mas TIKI menciptakan kesan yang baik dalam bekerja, akan berdampak pada dua hal. Pertama kepada diri kita, kita menjadi lebih percaya diri dalam bekerja. Dan kedua, rekan sekerja kita akan nyaman untuk berkerja dengan kita.

Rasa hormat terhadap atasan dan sesama rekan kerja (dan pastikan mereka mengetahuinya!)

Di Jepang setiap pekerja yang bertemu atasan akan selalu memberikan hormat dengan membungkuk. Mungkin di Indonesia sangat aneh jika kita membungkuk untuk memberi hormat, tetapi kita bisa memulai dengan mengucapkan “Selamat pagi” jika bertemu atasan. Sebagai pekerja kita harus menghormati atasan. Sebab suka atau tidak suka, atasan kita adalah orang yang di tempatkan Tuhan untuk menjadi pemimpin bagi kita di tempat kerja. Selain atasan yang harus kita hormati adalah rekan kerja atau sesama pekerja di lingkungan tempat kerja kita. Baik yang sudah senior ataupun masih yunior, semua wajib kita hormati. Sebab suatu saat kita pasti akan membutuhkan mereka.

“Nomunikasi”

“Nomunikasi” adalah istilah bagi pekerja Jepang untuk bersenang-senang dengan rekan kerja di luar kantor atau setelah jam kerja berakhir. Istilah Nomunikasi adalah kombinasi dari “nomu”, istilah Jepang untuk "minuman", dan "komunikasi". Menurut Mas TIKI hal ini juga dapat dilakukan di Indonesia. Selain untuk mengenal rekan kerja atau atasan dengan lebih baik, dapat juga menjadi ajang keakraban.

Semoga dengan mengenal etika bekerja dari Jepang ini, kita menjadi semakin lebih baik dalam bekerja ya Sobat. Selamat Hari Senin!