Blog image

Admin

16 November 2022, 11:34

3 FAKTA MENARIK DI G20

Hai Sobat. Saat ini sedang diadakan Konferensi G20 di Bali. G20 merupakan organisasi keuangan terbesar dunia terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Nah Sobat ada 3 fakta menarik di G20 versi Mas TIKI nih

Pertama kalinya Indonesia menjadi penyelengara

Ini merupakan pertama kalinya Indonesia mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan pertemuan penting ini. Penunjukan Indonesia sebagai Presidensi G20 2022 sendiri diumumkan dua tahun yang lalu, saat berlangsungnya G20 Arab Saudi di Riyadh pada 21-22 November 2020 silam. G20 Indonesia 2022 mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk saling bahu membahu, saling mendukung untuk pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Logo G20 2022 di Indonesia mempunyai makna yang mendalam. Yuk di simak:

Secara bentuk, logo G20 mirip seperti pohon. Gunungan pada logo G20 2022 bermakna perpindahan babak menuju pemulihan ekonomi dunia yang inklusif dan berkelanjutan. Lalu, motif kawung pada logo G20 bermakna semangat menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama. Ada lagi nih Sobat. Kalau kamu amati dengan teliti, bagian tengah gunungan logo G20 terdapat sulur tanaman. Sulur tanaman mempresentasikan semangat pemulihan hijau, inklusif, dan berkelanjutan. Sedangkan perpaduan warna merah dan biru pada logo G20 2022 juga memiliki maknanya sendiri. Warna merah adalah lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan biru adalah Indonesia sebagai negara maritim. Sama seperti pohon yang terus bertumbuh dan berguna bagi lingkungan sekitarnya, logo ini juga menjadi ilustrasi pengharapan atas tumbuhnya perekonomian global, yang akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Mobil kepresidenan yang unik

Banyak negara-negara peserta G20 mengirimkan mobil kepresidenan yang unik agar dapat digunakan untuk kepala negara . Ada Amerika Serikat yang mobil kepresidenannya bernama The Beast. The Beast ini memiliki berat sekitar 9 ton. Seberat itu karena memiliki berbagai perlindungan misalnya kaca 5 inci, pelat antibom di bagian lantai dan perlengkapan khusus seperti pasokan oksigen, telepon satelit serta kode nuklir. Lalu ada juga China yang membawa mobil antipeluru sendiri Hongqi N701. Prancis menggunakan sedan atau limosin, SUV antipeluru Mercedes-Benz G-Guard buat perlindungan pemimpin negaranya selama di Bali. Kemudian ada Turki dan Uni Emirat Arab yang membawa mobil yang punya kemampuan tahan serangan tembakan bidik, granat tangan dan senjata otomatis serta ban dirancang khusus dapat digunakan walau sudah tak ada tekanan udara.

Semoga pelaksanaan Konfrensi G20 berjalan dengan lancar ya Sobat. Buat kamu yang mau kirim paket ya kirim #pakeTIKIaja. Karena TIKI kirim ke #seluruhduniabisa!