Blog image

Admin

08 June 2022, 12:56

TIPS JIKA MEMBELI BARANG DENGAN SISTEM COD

Hai Sobat. Kali ini Mas TIKI akan mengenalkan tentang Cash On Delivery, disimak ya. Cash On Delivery atau biasa disebut dengan COD adalah jenis transaksi di mana penerima membayar barang pada saat pengiriman dan diterima secara tunai. Persyaratan dan bentuk pembayaran yang diterima berbeda-beda sesuai dengan ketentuan pembayaran perjanjian pembelian.

Lakukan riset yang teliti

Belanja hanya dari e-commerce dan penjual yang terpercaya. Cek track record penjual, serta ulasan dari pembeli lain.lalu cek kembali apakah penjual memiliki beberapa akun yang berbeda. Ini untuk menghindari kamu dari penjual fiktif.

Pahami Syarat dan Ketentuan Sistem COD
Sebagai pembeli, kamu harus benar-benar tahu ketentuan sistem COD masing-masing toko online dan marketplace yang kamu gunakan. Ada marketplace yang mengharuskan pembeli membayar terlebih dahulu kepada kurir sebelum barang diterima.

Bertemu di tempat aman

Pastikan untuk bertemu dengan penjual di tempat yang aman. Coba usahakan di tempat umum. Bila perlu, ajak seseorang untuk menemani selama melakukan transaksi.

Periksa kondisi barang 

Sebelum kamu melakukan pembayaran, pastikan kamu sudah memeriksa kondisi barang. Pastikan barang sesuai dengan yang dipesan dan dalam kondisi yang baik.

Mendokumentasikan Proses Transaksi

Mendokumentasikan proses transaksi dapat dilakukan dengan cara merekam mulai dari penyerahan barang dari kurir ke pembeli, saat unboxing, dan pembayaran. Tips aman COD ini jangan sampai kamu lewatkan karena video rekaman dapat menjadi bukti yang valid apabila terjadi selisih paham dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya.

Membayar sesuai kesepakatan

Jika pesananan kamu sudah sesusai, bayarlah barang sesuai dengan kesepakatan awal, dan jangan lupa mengucapkan terimakasih.

 

Selamat berbelanja dengan COD ya Sobat!