Blog image

Admin

13 June 2022, 16:50

TIPS TERTIB DALAM BERDISPLIN BERLALU LINTAS

Hai sobat. Buat kalian yang mengendarai kendaraan bermotor, baik itu motor atau mobil,  Korlantas Polri akan mengadakan Operasi Patuh 2022 mulai tanggal 13 hingga 26 Juni 2022 di Jakarta.  Untuk itu Mas TIKI akan memberikan tips tertib dalam berdisiplin lalu lintas, disimak ya gaess...

Jangan melawan arus kendaraan

Banyak dari para pengendara terutama sepeda motor yang nekat melawan arus kendaraan untuk mempercepat rute perjalanan. Hati-hati ya Sobat, selain berbahaya bagi diri kita, perbuatan melawan arus itu melanggar Pasal 287 Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dengan ancaman sanksi denda maksimal Rp 500 ribu lho.

Knalpot bising atau tidak sesuai standar

Knalpot yang sudah dimodifikasi hingga terdengar bising, walaupun membuat kendaraan kita terdengar garang, namun dapat mengganggu pengguna jalan lainnya loh gaess. Jika sobat tetap melakukan ini akan dijerat dengan Pasal 285 ayat (1) juncto Pasal 106 ayat (3) UU LLAJ dengan ancaman pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu.

Kendaraan memakai rotator tidak sesuai peruntukan khususnya mobil pelat hitam

Rotator (biasanya digunakan di mobil)  merupakan aksesoris lampu berkedip dan biasanya diikuti bunyi sirine yang nyaring didengar. Dalam hal ini, tidak sembarang mobil diperbolehkan menggunakan rotator, karena ada aturan yang mengatur penggunaan rotator mobil. Penggunaannya hanya diperuntukkan untuk kendaraan tertentu seperti mobil polisi, mobil ambulans, pemadam kebakaran hingga mobil instansi terkait yang mendapatkan pengawalan khusus. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut dapat dijerat dengan Pasal 287 ayat (4) UU LLAJ dengan sanksi pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu.

Menggunakan Ponsel saat berkendara

Menggunakan ponsel saat berkendara sangat berbahaya sekali Sobat. Kamu dapat teralihkan dari konsentrasi mengemudi dan dapat membahayakan pengendara lainnya.
Penggunaan ponsel saat berkendara dikenai Pasal 283 UU LLAJ dengan sanksi denda maksimal Rp 750 ribu
 

Nah hati-hati dalam berkendara ya Sobat.  Jangan lupa siapkan juga surat-surat kendaraan saat kamu mengemudikan kendaraanmu. Selamat berkendara!