Blog image

Admin

26 August 2022, 11:24

MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG KLEPTOMANIA

Hai Sobat. Kali ini Mas TIKI mau ajak sobat untuk mengenal lebih dalam tentang Klepto/kleptomania. Apa sih klepto itu? Klepto atau kleptomania adalah gangguan kepribadian, kebiasaan, dan impuls, di mana ciri orang yang mengalaminya sering mengambil dan mencuri barang secara berulang.

Barang yang dicuri bukan barang berharga

Perbedaan antara kleptomania dengan pencuri biasa, objek yang dicuri oleh pengidap kleptomania bukan barang berharga loh sobat. Buat pengidap kleptomania, mencuri bukan tujuan ekonomis melainkan adanya kepuasan sesaat setelah mencuri. Sebelum mencuri, penderita kleptomania biasanya merasakan ketegangan yang begitu hebat. Rasa tegang yang hadir ini berkaitan dengan gangguan kontrol impuls yang tak terkendali. 

Alasan pencuriannya juga terkadang sulit untuk dijelaskan oleh pelakunya. Seorang kleptomania akan merasa lega, senang, atau bahkan puas setelah mencuri suatu barang. Namun, mereka juga akan langsung merasa malu, bersalah, menyesal, benci pada diri sendiri, atau muncul rasa takut akan ditangkap. 

Penderita kleptomania sering kali hanya meletakkan, menyimpan, atau memberikan lagi barang-barang curiannya pada orang lain. Bahkan, tak jarang barang curian tersebut dikembalikan kepada pemiliknya secara diam-diam. 

Kondisi kesehatan mental yang terganggu

Penyebab kleptomania juga bisa karena gejala kondisi kesehatan mental yang terganggu. Sangat umum bagi penderita kleptomania untuk memiliki masalah kesehatan mental lainnya, terutama kecemasan, depresi, gangguan makan, kecanduan, dan gangguan penggunaan zat terlarang. Mereka juga memiliki risiko lebih tinggi untuk melukai diri sendiri dan bunuh diri.

Cara Mengatasi Kleptomania

Kleptomania merupakan gangguan mental yang tidak dapat dianggap remeh. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kleptomania dapat menimbulkan penderitaan bagi penderita maupun keluarganya. Hingga kini, belum ada obat khusus yang mampu menyembuhkan kleptomania. Namun, penanganan dengan psikoterapi dan obat dapat menekan dorongan untuk mencuri pada penderita kleptomania.

Coba cek apakah ada teman atau kenalan kamu yang kleptomania? Selamat hari Jumat ya sobat!