Blog image

Admin

31 December 2021, 13:20

Terima Kasih Tahun 2021, Selamat Datang Tahun 2022

Tahun 2021 sebentar lagi akan berakhir. Ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk merefleksikan apa saja yang telah dilakukan selama satu tahun ke belakang serta menyusun rencana ke depan agar lebih baik. Banyak orang merasa tahun 2021 adalah tahun yang penuh masalah. Pandemi belum sepenuhnya berakhir dan membuat hidup kita terasa sulit. Namun, kesulitan dan masalah itu bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk belajar dan berefleksi.

Bersyukur

Bersyukur adalah hal pertama yang harus kita lakukan. Karena kita masih dalam pemeliharaan Tuhan hingga sampai saat ini. Bukan hal-hal baik saja ya, Sobat. Tetapi dari hal-hal yang bagi kita kurang menyenangkan sekalipun, pasti ada hikmah yang bisa kita pelajari. Nah, bukankah kita patut mensyukurinya? Bisa sampai di penghujung tahun dengan baik adalah sebuah pencapaian besar. Nggak semua orang mampu bertahan untuk melewati tantangannya. Maka berterimakasihlah pada diri sendiri dan juga orang di sekitarmu yang sudah membantu untuk melewati semua ini. Secara psikologis, semakin kita mampu bersyukur maka semakin mudah kita merasa bahagia. Dengan bersyukur, kita merasa lebih positif, menerima dan menikmati setiap pengalaman hidup, bahkan menjadi lebih sehat!

Evaluasi

Apa yang sudah terjadi dalam kehidupan kita, patut kita evaluasi kembali. Apa saja pencapaian kita, saat kita salah melangkah. Dengan melakukan evaluasi diri maka kita akan mengetahui tentang berbagai aktivitas yang dijalani selama setahun terakhir, apakah sudah bermanfaat bagi kemanusiaan dan berkontribusi positif bagi sesama.

Rencana ke depan

Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menilai dan menyusun langkah strategis ke depan dalam membuat kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan. Sobat juga dapat menggunakan metode SMART untuk menentukan tujuan. Untukmu yang belum memahami SMART, ia merupakan singkatan dari:

  • Specific berarti jelas, misalnya “aku ingin lari pagi setiap hari” bukannya “aku ingin hidup lebih sehat”
  • Measurable, berarti dapat diukur. misal “aku ingin berat badanku turun menjadi 50 kilogram” daripada hanya “aku ingin berat badanku naik”
  • Achievable, dapat di jangkau.
  • Relevant, pilih yang cocok denganmu, bukannya ikut-ikutan saja
  • Time-bound, berarti beri jangka waktu yang realistis.misalnya turun 10 kilogram dalam 1 minggu.

Selamat memasuki Tahun Baru 2022 Sobat!