Tentang TIKI

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) adalah perusahaan jasa logistik terkemuka di Indonesia yang telah melayani kebutuhan pengiriman paket sejak tahun 1970. Dengan pengalaman puluhan tahun, TIKI telah menjadi mitra terpercaya bagi pelanggan yang membutuhkan layanan pengiriman cepat dengan harga terjangkau.

TIKI memiliki jaringan operasional yang luas dan mencakup 65 kota besar di Indonesia, lebih dari 500 kantor perwakilan, 3700 gerai, dan lebih dari 6.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jaringan yang solid ini, TIKI siap memberikan layanan pengiriman yang andal dan efisien bagi semua pelanggan.

Selain fokus pada layanan pengiriman paket, TIKI juga berperan sebagai salah satu pilar dalam menunjang perekonomian Indonesia. Perusahaan ini sangat mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, serta turut berkontribusi dalam pengembangan kapabilitas para pelaku bisnis. TIKI menjalin kolaborasi dengan mitra keagenan dan platform marketplace untuk memberikan pembekalan dan dukungan bagi UMKM.

1970

Berdiri di Jakarta pada 1 September 1970 oleh Alm. Bapak H. Soeprapto Suparno dan Ibu Hj. Nuraini Soeprapto dengan nama CV Titipan Kilat.

1990

Memasuki era komputerisasi, TIKI mulai mengembangkan sistem operasionalnya berbasis komputer.

1993

TIKI resmi mengubah status usahanya dari CV Titipan Kilat menjadi PT Citra van Titipan Kilat.

1995

Perkembangan produk dan layanan TIKI pun semakin berkembang diantaranya: SDS/ONS/REG/ECO/INT.

2008

TIKI menghadirkan layanan Drive Thru yang hingga saat ini tidak dimiliki para kompetitor.

2015

TIKI meluncurkan JEMPOL. Fasilitas Jemput Online yang memudahkan pelanggan melakukan pengriman dari tempat.

2016

Meraih penghargaan Service Quality Award 2016 | Indonesia Popular Brand Award dan Indonesia E-Commerce Brand Award 2016.

2017

TIKI menghadirkan aplikasi yang semakin memudahkan konsumennya. Di antaranya untuk melakukan cek ongkir, cek status pengiriman dan lain-lain.

2020

Fasilitas SERLOK (Seller Online Booking) muncul untuk kebutuhan UMKM.

2021

SOBATIKI merupakan Program Customer Relationship TIKI yang memiliki banyak keuntungan bagi pelanggan setia TIKI.

2022

TIKI menerapkan 5 Sustainability Strategic Pillar.

2023

Meraih SQ Award 2023, Baznas 2023, Top Brand dan SWA |
Relaunching web dan app |
Payment gateway logo DOKU |
TIKI Goes to Campus |
TIKI EVS | Agen Kurir Mantap

2024

Meraih TOP Brand 2024, IOB 2024, dan TOP Digital PR 2024



Visi dan Misi

VISI

Menjadikan TIKI sebagai salah satu perusahaan yang terbaik dalam jasa pengiriman dan logistik dengan melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan secara optimal sehingga dikenal di Indonesia dan Internasional.

MISI

Bekerja giat secara profesional, jujur, bertanggung jawab dengan penuh keyakinan dan dedikasi tinggi untuk selalu menjadi yang terbaik.



Budaya Perusahaan


Amanah

Bisa dipercaya dalam melaksanakan tugas dengan jujur dan penuh tanggung jawab.

Komunikasi

Menyampaikan dan menerima informasi dalam rangka menyamakan persepsi.

Komitmen

Kesungguhan dalam melaksanakan kesepakatan.

Kerjasama

Interaksi yang saling menghargai untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pikiran Terbuka

Menerima perbedaan untuk perbaikan.

Penghargaan

Komitmen TIKI terhadap keunggulan dan kualitas layanan telah diakui melalui sejumlah penghargaan bergengsi. Antara lain, TIKI meraih penghargaan TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2021 atas inovasi Layanan Seller Online Booking (SERLOK) yang memberikan kemudahan bagi para pengusaha online. TIKI juga dinobatkan sebagai salah satu dari tiga perusahaan jasa kurir terbaik di Indonesia versi TOP BRAND 2022, berdasarkan hasil survei independen yang melibatkan lebih dari 12.000 responden di 15 kota besar Indonesia.

Superbrands Indonesia Choice 2022 juga mengakui TIKI sebagai perusahaan kurir ekspres terfavorit. Penghargaan ini didasarkan pada survei yang mencakup market dominance, longevity, good will, customer loyalty, dan overall market acceptance di 6 kota besar di Indonesia.

Selain itu, TIKI memperoleh penghargaan SERVICE QUALITY DIAMOND AWARD (SQ Awards) 2023 dengan peringkat Diamond, yang menandakan tingkat kepuasan pelanggan yang sangat tinggi, dari survei Service Quality Index oleh Carre Service Quality Monitoring bersama Majalah Marketing. TIKI berhasil mendapatkan penilaian tertinggi pada aspek akses, proses, SDM, dan kualitas layanan. Di tahun 2023 TIKI kembali mendapatkan TOP BRAND Awards 2023 untuk kategori jasa kurir terbaik dan mendapatkan penghargaan dari SWA untuk Indonesia Original Brand Awards 2023 (IOB Awards) untuk kategori best kurir service.

Komitmen sosial TIKI juga terwujud melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan nama TIKI Budayakan Berbagi. Program ini melibatkan berbagai kegiatan seperti renovasi masjid dan bantuan penanggulangan bencana, termasuk pembangunan dapur umum dan distribusi bantuan bencana. Dukungan sosial TIKI diakui oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS AWARD 2023, yang memberikan penghargaan sebagai "Perusahaan dengan Program Sosial / DSKL Terbaik".

Dengan pengalaman yang panjang, kepercayaan pelanggan, dan berbagai penghargaan bergengsi yang diraihnya, TIKI terus berkomitmen untuk memberikan layanan logistik terbaik, mendukung pertumbuhan UMKM, dan berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia. Sebagai perusahaan jasa logistik yang terpercaya, TIKI tetap berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas layanannya guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Tentang TIKI Tentang TIKI Tentang TIKI Tentang TIKI

Mitra TIKI