Blog image

Admin

07 January 2022, 16:36

Yuk Berolahraga Dengan Deskercise

Hai Sobat. Tahun 2022 ini kita harus lebih sehat. Iya dong, kan banyak yang sudah kita rencanakan. Mas TIKI punya tips nih buat kamu yang mau rajin berolahraga hanya dari depan meja kerja. Namanya Deskercise. "deskercise" gabungan dari kata "desk" (meja) dan "exercise" (olahraga). Jadi kita bisa melakukan olahraga ringan tanpa harus meninggalkan kantor bahkan tidak harus pergi dari meja kerja kita.

Push Up Meja

Meja kerja bisa dimanfaatkan untuk olahraga di kantor. Lakukan gerakan push up ringan bernama desk push-ups menggunakan bantuan meja kerja sebagai tumpuan. Gerakan ini bisa Sobat lakukan di waktu luang ketika jam istirahat. Cobalah berdiri beberapa langkah di depan meja dengan kaki yang rapat. Lalu letakkan telapak tangan di pinggir meja, beri jarak selebar bahu dan posisikan dada mengarah dekat sisi meja seperti melakukan push up. Lakukan gerakan ini dalam beberapa kali hitungan dan ulangi lagi.

Melayang di atas Kursi

Olahraga ringan ini bisa membuat otot bahu maupun tangan kamu yang terasa pegal akibat terlalu banyak mengetik atau menulis bisa teratasi. Caranya, kamu duduk bersila di atas kursi kerja kamu, letakkan kedua tangan di sisi kanan dan kiri kursi. Setelah itu, secara perlahan-lahan angkat tubuh kamu dengan membuat tekanan pada kedua tangan sebagai tumpuan. Tahan selama 10 hingga 20 detik, kemudian turun secara perlahan. Sisipkan waktu istirahat selama 30 detik setelah tubuh kamu kembali duduk di kursi. Ulangi olahraga ringan ini sebanyak 5 kali.

Up and Sit

Gerakan ini hampir mirip dengan gerakan melayang di atas kursi. Namun bedanya, gerakan ini kamu tidak memerlukan bantuan kedua tangan untuk menopang tubuh kamu. Caranya, duduk tegak pada kursi, kemudian lakukan gerakan berdiri kemudian kembali duduk. Lakukan ini selama beberapa detik.

Chair Dips

Duduklah di tepi kursi dan letakkan tangan di belakang pinggul. Tangan berada di tepi kursi dan terpisah selebar bahu.Pastikan tangan aman di kursi agar tidak terpeleset. Jaga agar dada tetap tinggi dan kepala tegak. Lutut tidak boleh menekuk melewati jari kaki. Perlahan turunkan tubuh ke bawah. Berhati-hatilah agar siku tidak menekuk ke sudut yang lebih kecil dari 90 derajat. Rentangkan lengan, angkat tubuh ke atas dan dukung berat badan dengan lengan. Kamu dapat mencoba 1 set 6 hingga 8 repetisi.

Nah siap lebih sehat di tahun 2022 kan Sobat.