Siaran Pers

TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, menargetkan peningkatan 50 persen volume kiriman selama Bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan biasanya. Untuk mencapai target tersebut, TIKI menawarkan berbagai promosi diskon dan gratis ongkos kirim bekerjasama dengan e-commerce / market place hingga penarikan program loyalitas berhadiah mobil untuk meningkatkan transaksi konsumen.

Tidak hanya itu untuk menggenjot transaksi, TIKI akan membuka sekitar 50 gerai 24 jam selama libur lebaran dan memberikan diskon hingga 30 persen untuk pengiriman yang dilakukan selama 15 Juni hingga 24 Juni 2018 mendatang. Tomy Sofhian, Managing Director TIKI mengatakan “Lamanya libur lebaran tahun ini akan dimanfaatkan oleh para konsumen untuk tidak hanya bersilaturahmi namun juga berlibur dan berbelanja bersama keluarga. Artinya permintaan jasa pengiriman barang pun akan lebih meningkat dibandingkan tahuntahun sebelumnya. Sebagai perusahaan jasa pengiriman dengan jaringan yang luas, TIKI akan memastikan bahwa kami siap untuk melayani dan memenuhi kebutuhan jasa pengiriman dimanapun dan kapanpun. Di libur lebaran ini, kami akan membuka gerai 24 jam dan layanan drive-thru terutama di kota-kota besar atau daerah-daerah wisata untuk memudahkan konsumen.

Konsumen juga tetap dapat memanfaatkan layanan JEMPOL (Jemput Online) dimana kurir TIKI yang akan mengambil barang kiriman langsung di lokasi.” Selama Bulan Ramadan, transaksi pengiriman dari belanja online merupakan kontributor terbesar dari pendapatan TIKI di segmen retail. Pakaian, barang elektronik, tas dan aksesoris, hingga parsel merupakan transaksi barang kiriman yang paling meningkat jumlahnya. Peningkatan pengiriman di Bulan Ramadan umumnya terjadi pada tiga (3) minggu sebelum sampai dengan satu (1) minggu sebelum Hari Lebaran.

Untuk menarik konsumen menggunakan jasa TIKI, perusahaan telah menyiapkan promosipromosi menarik mulai dari diskon SAURUS 20% untuk pengiriman selama Sahur pukul 00.00 – 06.00 WIB dari 29 Mei – 15 Juni 2018, diskon voucher hotel hingga Rp 300.000,- untuk layanan Over Night Service (ONS) yang berlaku mulai dari 25 Mei - 16 Juli 2018 dan diskon 30 persen untuk pengiriman dari DKI Jakarta selama 15 – 24 Juni 2018. Tidak hanya itu, selama Bulan Ramadan ini, para pelanggan loyal TIKI melalui program TOOZ juga dapat memperbesar kesempatannya meraih berbagai hadiah mulai dari voucher belanja, Samsung J7 PRO, Yamaha Lexi hingga hadiah utama Mitsubishi Xpander dengan melakukan transaksi sebanyak-banyaknya di gerai TIKI, mengumpulkan dan menukarkan stamp/undian berhadiah. Adapun nama para pemenang undian dapat dicek di . “Peningkatan volume pengiriman TIKI selama Bulan Ramadan diperkirakan mencapai hingga 50 persen dibandingkan bulan-bulan biasanya. Adapun transaksi terbesar berasal dari Jabodetabek, Surabaya, dan Medan.

Untuk mengantisipasi peningkatan volume kiriman, TIKI telah menyiapkan strategi mulai dari pemetaan alokasi kurir yang difokuskan pada gerai-gerai yang ramai pelanggan, pemetaan jalan untuk mengantisipasi titik-titik kemacetan, kesiapan customer service dan sistem teknologi TIKI.” Ungkap Tomy Sofhian, Managing Director TIKI. Tidak hanya bisnis, layaknya tradisi TIKI di Bulan Ramadan tiap tahunnya, TIKI menggelar Sahur & Buka Puasa Bersama dengan anak yatim, bagi-bagi tajil serta tausiah keliling untuk para karyawan TIKI sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Di Bulan Ramadan ini juga, TIKI bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakan Indonesia (YPPI) mengajak pelanggan TIKI untuk berdonasi buku bacaan sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap pengembangan budaya literasi di Indonesia. Pengumpulan buku yang telah berlangsung dari 23 April hingga 23 Mei 2018 ini merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan yang difokuskan pada pendidikan anak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai TIKI, silakan kunjungi www.tiki.id

TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, agresif dalam memperluas bisnisnya di pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan ikut serta menjadi mitra pengiriman resmi dan satu-satunya di dalam penyelenggaraan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 yang akan diselenggarakan pada 25 – 29 April 2018 di Jakarta Convention Center. TIKI memastikan kelancaran dan kemudahan transaksi pengiriman selama pameran dengan menempatkan 6 (enam) drop-off booth yang tersebar di seluruh area pameran untuk mengakomodasi lonjakan permintaan pengiriman selama pameran, menyediakan fasilitas pengiriman domestik dan internasional, layanan pengemasan ulang gratis, layanan asuransi untuk para peserta pameran, dan layanan pelacakan yang real time dengan menggunakan aplikasi TIKI app. Tidak hanya itu, TIKI memberikan diskon hingga 20 persen untuk transaksi pengiriman selama pameran. Melalui aplikasi TIKI App, para peserta pameran dapat mengetahui besaran biaya pengiriman, memilih jenis layanan pengiriman TIKI dan melakukan pelacakan secara real time status barang kirimannya. 

Hanya cukup dengan mengunduh aplikasi TIKI App dari telepon genggam, pelanggan juga dapat mengakses layanan Jemput Online (JEMPOL) yang merupakan salah satu fasilitas unggulan TIKI yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dimanapun dan kurir TIKI akan datang untuk menjemput barang kiriman di lokasi yang ditetapkan oleh pelanggan. Tomy Sofhian, Managing Director TIKI mengatakan “Selama 48 tahun eksistensi bisnisnya, TIKI selalu menempatkan pengalaman terbaik pelanggan sebagai prioritas utama dalam melakukan inovasi layanan dengan mengikuti perkembangan jaman. Era digital saat ini telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggannya, dan TIKI berkomitmen untuk menjadi jasa pengiriman yang menempatkan teknologi sebagai basis kekuatan layanan perusahaan.” Keikutsertaan TIKI di Inacraft tahun ini merupakan bagian dari strategi bisnis perusahaan untuk mencapai target pertumbuhan bisnis di pasar UMKM.

Tahun ini, TIKI menargetkan peningkatan pertumbuhan pendapatan di sektor UMKM sebesar 25 persen dengan jumlah pertumbuhan jumlah pelanggan UMKM hingga dua (2) kali lipat dibandingkan tahun lalu. Selama beberapa tahun terakhir, TIKI fokus dalam mengembangkan bisnisnya di pasar UMKM. Dalam mendukung perkembangan bisnis UMKM ini, TIKI berkomitmen menjadi mitra pengiriman yang andal, cepat, dengan biaya yang hemat dan menyediakan berbagai fasilitas layanan yang memudahkan pelanggan termasuk layanan pengambilan (pick-up) dan drop-off. Selain layanan JEMPOL dimana kurir kami yang akan menjemput paket yang akan dikirimkan berapapun jumlahnya, TIKI juga memiliki layanan drive thru dan drop-off 24 jam untuk lebih memperbanyak kanal bagi pelanggan kami untuk melakukan pengiriman tanpa perlu terkendala waktu,” ungkap Tomy Sofhian. “Selain fokus pada layanan dan inovasi produk, TIKI juga berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk memberikan pembekalan bagi UMKM terkait aspek-aspek penting dalam pengiriman dan membuka dialog untuk memahami kendala-kendala yang sering mereka alami dan bagaimana jasa pengiriman dapat membantu memberikan solusi.” Tutup Tomy Sofhian.

TIKI memiliki delapan (8) jenis layanan pengiriman mulai dari Economy Service (ECO), International Service (INT), Over Night Service(ONS), Same Day Service (SDS), Holiday Service (HS), Regular Service (REG), Two Days Service (TDS) dan Trucking Service (TRC). Saat ini TIKI memiliki lebih dari 3.000 gerai yang tersebar di 65 kota besar dan 453 kabupaten di seluruh Indonesia, didukung oleh 4000+ armada. Untuk informasi lebih lanjut mengenai TIKI, silakan kunjungi www.tiki.id Jakarta, 25 April 2018 - (Dari Kiri ke Kanan) Titi Oktarina, President Director TIKI; Ahmad Ferwito, Operation Director TIKI; Tomy Sofhian, Managing Director TIKI; Th. Nia Handayani, Business Support Director TIKI; dan Ester Wiraseputra, Vice President Director TIKI mengamati staf TIKI yang sedang melayani peserta pameran Inacraft 2018. Keikutsertaan TIKI sebagai sponsor dan mitra pengiriman resmi di pameran Inacraft 2018 merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan di sektor UMKM sebesar 25 persen hingga akhir tahun 2018. Jakarta, 25 April 2018 - Hari ini, TIKI mengumumkan keikutsertaannya menjadi mitra pengiriman resmi di pameran Inacraft 25-29 April 2018, sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan di sektor UMKM sebesar 25 persen hingga akhir tahun 2018. (Dari kiri dan kanan) Ester Wiraseputra, Vice President Director TIKI; Ahmad Ferwito, Operation Director TIKI; Titi Oktarina, President Director TIKI; Th. Nia Handayani, Business Support Director TIKI; dan Tomy Sofhian, Managing Director TIKI mengunjungi salah satu dari 6 drop-off booth TIKI yang ditempatkan untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman selama pameran.