Blog image

Asrindra B. W.

09 August 2021, 11:16

5 Cara Manajemen Waktu Agar Pekerjaanmu Makin Produktif

Wiwin sedang menyiapkan dokumen yang akan Ia kirim. Ia melihat temannya sedang menulis sesuatu di kertas post it. “Lagi bikin apa Da?”, tanyanya pada Amanda. “Eh ini Mbak aku lagi bikin daftar kerjaan yang harus selesai hari ini”, kata Amanda. “ini supaya aku lebih produktif hari ini Mbak. Biar tidak ada yang lupa”, kata Amanda lagi.” Wah kamu hebat ya. Coba bagaimana cara mengatur waktu kamu supaya lebih produktif bekerja, Aku mau tahu nih”, kata Wiwiwn. “Nah begini Mbak.

5 cara manajemen waktu agar pekerjaanmu produktif:

  1. Menyusun daftar pekerjaan yang harus dilakukan hari ini
    Setiap hari sebelum bekerja, aku biasanya menyusu daftar pekerjaan yang harus dilakukan hari ini. Aku buat pakai post it sperti ini terus ku tempel di layar komputerku.
  2. Atur tenggat waktu
    Aku juga membuat daftar perkejaan yang urgent harus lebih dulu. Lalu aku buat tenggat waktu buat pekerjaan ku yang lain.
  3. Hindari hal yang dapat mengganggu fokus kerja
    Biasanya kalau aku sudah mulai bekerja aku taruh ponselku di laci meja dan aku gunakan mode senyap supaya aku bisa konsentrasi menyelesaikan pekerjaanku.
  4. Hindari multitasking
    Aku lakukan pekerjaanku satu demi satu Mbak. Takutnya tidak maksimal kalau mengerjakan semua sekaligus.
  5. Istirahat
    Nah karena pekerjaanku menggunakan komputer, jadi setiap 20 menit aku istirahat menatap layar komputer. Aku jalan sebentar ke toilet untuk cuci muka, atau mengambil air minum Mbak.

“Wah hebat tipsmu Da. Aku belajar banyak nih darimu. Aku mo coba tipsmu lah biar kerjaku makin produktif”, kata Wiwin. “Oke aku mau kirim dokumen dulu nih pakai layanan PUTAR dari TIKI. Mas TIKInya sudah di lobby kantor.