Blog image

Admin

12 November 2021, 14:11

3 Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kesehatan

Hai Sobat, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di saat senggang adalah memelihara hewan. Salah satu hewan yang belakangan ini semakin banyak dipelihara adalah ikan hias. Karena ikan hias adalah salah satu binatang peliharaan yang cocok untuk seseorang yang tidak memiliki banyak waktu untuk selalu memberikan perhatian. Binatang ini juga dapat menjadi pilihan yang cocok sebagai binatang peliharaan awal yang baik, untuk mengajari anak cara melakukan tanggung jawab agar dapat merawat binatang peliharaan.

Kenapa memelihara ikan hias? Banyak pendapat dari teman Mas TIKI tentang itu. Pertama, Ikan dikenal memiliki efek menenangkan bagi siapa saja yang melihat mereka meluncur dengan tenang di air. Kedua, ikan lebih mudah dan lebih murah untuk diberi makan dan dirawat daripada hewan peliharaan lainnya; namun, mereka membutuhkan lingkungan yang tepat dan pengasuh yang berpengetahuan. Ketiga, tidak seperti banyak anjing dan hewan peliharaan berbulu lainnya, ikan tidak mengembangkan kecemasan perpisahan atau perilaku destruktif ketika meninggalkan mereka sendirian di rumah. Keempat, Ikan tenang – Sobat tidak perlu khawatir ikan menggonggong atau berkotek mengganggu tetangga atau membangunkan bayi yang sedang tidur. Kelima, Ikan hias memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan warna-warna cerah yang menakjubkan.

Sobat yang masih pemula, saran dari Mas TIKI sebaiknya merawat ikan hias yang mudah dipelihara dan tidak membutuhkan perlakuan khusus seperti ikan cupang, guppy, platy, molly, neon tetra, corydas, dan ikan koki.

Ternyata memelihara ikan juga dapat meningkatkan kesehatan loh Sobat. Apa saja manfaat kesehatan dari memelihara ikan?

  1. Mengurangi stress
    Dengan memelihara ikan hias, tingkat stress dapat berkurang. Saat melihat ke aquarium, Sobat dapat merasakan kedamaian dan ketenangan sehingga tingkat stress menurun.
  2. Meningkatkan kualitas tidur
    Tidur adalah saat dimana tubuh kita memperbaiki sel-sel tubuh, serta mengisi ulang kembali energi sehingga tubuh kita dapat berfungsi dengan baik. Jika Sobat memiki kesulitan untuk tidur, menatap aquarium dapat membuat tubuh Sobat menjadi tenang dan mengantuk lalu kemudian terlelap.
  3. Menurunkan tekanan darah dan detak jantung
    Jika Sobat mempunyai tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung lainnya, memelihara ikan dapat sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan tekanan jantung. Menurut sebuah penelitian dari Amerika, melihat tangki aquarium kosong dapat mengurangi detak jantung sebesar 3% sementara tangki dengan ikan yang ada menghasilkan pengurangan detak jantung sebesar 7%.

Nah bagaimana Sobat, sudah siap memelihara ikan hias? Jika sudah Sobat dapat mencari toko-toko yang menjual ikan hias. Kalau di luar kota, pastikan pengirimannya aman dan tidak bocor ya Sobat. Jika masih bingung, coba kirimkan pakai TIKI saja, pasti aman dan sampai tujuan dengan selamat.