Blog image

Admin

22 November 2021, 08:46

Tingkatkan Keterampilan Profesional Ini untuk Menyambut Tahun 2022

Halo sobat, semangat senin! Hari Senin adalah hari untuk memulai segala kebaikan dan kesuksesan dalam satu minggu ke depan. Dan di hari senin ini Mas TIKI mau mengajak kamu untuk meningkatkan ketrampilan profesional kamu.

Kenapa kita perlu bersiap?

Saat ini saja sudah mulai banyak perkembangan yang terjadi di sekitar kita. Internet seluler berkecepatan tinggi, kecerdasan buatan, analitik data besar, dan teknologi cloud sudah mulai meningkat.Di tahun-tahun depan akan banyak perusahaan yang menerapkan sistem secara otomatis, secara digital dan menggunakan robot.

Selain itu pembagian kerja antara manusia, mesin, dan algoritma berubah dengan cepat. Menurut forum ekonomi dunia, pada tahun 2022 diperkirakan rata-rata jam tugas manusia bergeser menjadi 58% jam, dan 42% oleh mesin atau algoritma.

Untuk itu, menurut forum ekonomi dunia, sobat perlu menyiapkan dan mengembangkan ketrampilan baru yaitu

Pemikiran Analitis dan Inovasi

Dengan pemikiran analitis kita diharapkan memahami sesuatu (kondisi, situasi, atau masalah) dengan cara menguraikan masalah tersebut menjadi beberapa bagian kecil. Selain itu juga mampu memetakan masalah yang kompleks dan multidimensi menjadi lebih sederhana, sehingga lebih mudah menyusun alternatif pemecahan masalah.

Pembelajaran Aktif dan Strategi Belajar

sebagai pekerja, kita diharapkan mandiri dan memiliki kemampuan pembelajaran aktif yang membuat individu tersebut memiliki kemauan kuat untuk terus belajar dan menerapkan ilmu yang didapatkan guna memperbaiki kinerjanya.

Kreativitas, Orisinalitas dan Inisiatif

adalah ketrampilan ‘manusiawi’ yang tidak akan tergantikan oleh mesin. Jadi kita harus mengembangkan ketrampilan ini.

Desain Teknologi dan Programing

Teknologi sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita, karena itu kita wajib mengenal dan menguasai teknologi.

Pemikiran Kritis, dan Analisis

berpikir kritis dan analitis adalah proses berpikir yang mendorong kita membuat keputusan yang lebih baik. kedua kemampuan ini sangat diperlukan untuk mencari solusi sampai membuat keputusan yang tepat supaya bisa meningkatkan performa perusahaan.

Pemecahan Masalah Kompleks

Ketrampilan ini dibutuhkan agar pekerja dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan mencari pendekatan paling tepat untuk menemukan solusi terbaik.

Dapat Memimpin dan Memberikan Pengaruh Sosial

sebuah perusahaan pasti butuh seorang pemimpin yang bisa memberikan pengaruh dan mengendalikan anggotanya demi mencapai target perusahaan.

Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Ide

Perusahaan butuh pegawai yang cakap dalam mengatasi masalah sekaligus merumuskan gagasan terbaik.

Perhatian Terhadap Detail, Ketahanan,serta Fleksibilitas

Persaingan dalam dunia kerja makin hari makin terasa ketat. Kondisi ini kemudian menuntut seseorang pekerja memiliki kemampuan perhatian terhadap detail, bertahan terhadap tekanan hidup ditambah toleransi stres dan fleksibilitas tinggi agar dapat beradaptasi dalam kondisi sulit.

Yuk kita sama-sama belajar dan mengembangkan ketrampilan ini ya Sobat. Semoga Sobat sehat dan bahagia selalu.