Blog image

Admin

11 November 2022, 11:34

CUSTOMER SERVICE RAMAH, CLOSINGAN NAMBAH

Hai Sobat. Customer service adalah sebuah layanan yang ditawarkan dari perusahaan atau UKM untuk para pelanggannya, baik sebelum atau sesudah membeli produk atau jasa. Tujuan dari Customer Service adalah memberikan kenyamanan kepada pelanggan sehingga pengalaman pelanggan bertransaksi menjadi lebih baik dan berharap memenuhi ekspektasi mereka.

Nah Mas TIKI mau menjelaskan 3 skill wajib bagi Customer Service nih, disimak ya...

Komunikasi yang efektif

Komunikasi adalah salah satu skill yang wajib dikuasai oleh customer service ,sebab Customer service akan menjadi perwakilan suara perusahaan kepada konsumennya. Itu artinya, penting bagi customer service untuk menerapkan komunikasi yang efektif kepada pelanggan. Kemampuan komunikasi bukan hanya soal cara berbicara yang sopan dan mudah dimengerti saja. Tetapi juga harus paham soal mendengar dengan aktif (active listening) karena sudah tugas customer service mendengarkan segala keluh kesah atau pertanyaan pelanggan. Selain itu juga diperlukan cara berkomunikasi dengan baik lewat chat atau tulisan. Karena saat ini layanan Customer Service juga sudah berkembang melalui pesan atau chat.

Problem solving

Kemampuan untuk menyelesaikan masalah/problem solving juga tidak kalah penting untuk customer service. Pada dasarnya, customer service akan menerima feedback dari pelanggan, namun seringkali feedback ini berupa permasalahan atau komplain. Saat menerima komplain, customer service harus bisa memberikan respon yang tepat sehingga dapat memberikan solusi tepat untuk permasalahan yang dihadapi pelanggan. Jika pelanggan sudah mendapatkan solusi atas masalahnya, kesempatan mendapatkan customer baru pun juga semakin besar. Hal ini karena pelanggan yang puas akan menyebarkan kabar tentang layanan yang baik dari mulut ke mulut.

Keramahan

Menjadi customer service bukan hanya sekedar menyampaikan informasi saja, tetapi membangun kedekatan dengan calon pembeli. Sikap ramah seorang customer service ketika melayani pelanggan sangatlah penting. Dengan sikap yang baik, seorang pelanggan akan memiliki kesan pertama yang baik, sehingga pelanggan akan semakin nyaman saat dilayani. 

Customer Service yang ramah akan membuat pembeli nyaman hingga datang kembali dan closingan pun bertambah. 

Nah Sobat mau tau caranya seperti apa biar closingan kamu makin bertambah? Yuk ikutan acara OBTIK (Ngobrol Bareng TIKI) bareng Kak Arif owner @rumahkreatifdanpintar74 akan membahas “Customer Service Ramah, Closingan Nambah”. Hari ini pukul 15.00WIB di IG TIKI.

Jangan ketinggalan ya Sobat. Yuk pasang alarmmu supaya bisa mendapatkan tips-tips menarik soal Customer Service.