Blog image

Admin

25 May 2023, 17:40

TIPS AGAR BISNIS ONLINEMU BERJALAN LANCAR

Hai Sobat. Saat ini banyak anak muda yang menjalankan bisnis secara online. Kamu juga sedang menjalankan bisnis secara online? Berikut ini adalah beberapa tips dari Mas TIKI agar bisnis onlinemu dapat berjalan lancar:

Menentukan Target Pasar yang Jelas 

Kenali dan tentukan target pasar yang tepat untuk produk atau layananmu. Pahami profil, kebutuhan, dan preferensi target pasar tersebut agar kamu dapat mengarahkan upaya pemasaran dengan lebih efektif.

Membangun Brand yang Kuat 

Fokuslah pada membangun brand yang konsisten dan menggambarkan nilai-nilai yang ingin kamu sampaikan kepada pelanggan. Dengan memperkuat citra merek, kamu dapat membedakan diri dari pesaing dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Menyediakan Pengalaman Pelanggan yang Unggul 

Prioritaskan pengalaman pelanggan yang baik melalui pelayanan yang ramah, responsif, dan berkualitas. Pastikan pelanggan merasa dihargai dan puas dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Memanfaatkan Media Sosial dan Pemasaran Digital

Manfaatkan media sosial dan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan eksposur bisnismu. Buat konten yang menarik, gunakan iklan berbayar yang tepat, dan jaga konsistensi branding di platform-platform tersebut.

Memiliki Situs Web yang Responsif dan Mudah Digunakan

Pastikan situs web kamu memiliki tampilan yang menarik, responsif, dan mudah digunakan. Optimalkan kecepatan loading halaman dan pastikan navigasi yang intuitif agar pengunjung situs merasa nyaman dan mudah menemukan informasi atau melakukan transaksi.

Mengoptimalkan SEO 

Lakukan optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan peringkat situs web kamu di hasil pencarian. Fokus pada penelitian kata kunci yang relevan, penggunaan judul dan deskripsi yang menarik, serta pembuatan konten berkualitas.

 

Menggunakan Analisis Data 

Manfaatkan alat analisis data, seperti Google Analytics, untuk memahami perilaku pengunjung situs web, sumber lalu lintas, dan konversi penjualan. Dengan melacak dan menganalisis data, kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan bisnis onlinemu.

Memelihara Hubungan dengan Pelanggan 

Jalin hubungan yang baik dengan pelanggan, baik itu melalui email marketing, program loyalitas, atau interaksi langsung di media sosial. Berikan penawaran khusus, promo, atau konten eksklusif kepada pelanggan yang sudah ada untuk mempertahankan loyalitas mereka.

Mengelola Stok dan Pengiriman dengan Efisien 

Pastikan kamu memiliki sistem manajemen stok yang baik agar dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan lancar. Selain itu, pastikan proses pengiriman barang atau layanan berjalan dengan efisien dan dapat dipercaya.

Menjadi Member SERLOK TIKI

Buat Kamu UMKM yang sedang mengembangkan bisnis secara online, TIKI memberi dukungan untuk kamu melalui program SERLOK (Seller Online Booking). Buat Kamu yang bergabung dengan SERLOK, ada banyak benefit yang kamu bisa dapatkan :

Dobel Keuntungan

Iya, dengan bergabung SERLOK, Sobat mendapatkan keuntungan dobel. Keuntungan dari penjualan kamu dan keuntungan dari pengiriman. Karena dengan bergabung SERLOK kamu mendapatkan diskon harian 

Free Pickup 

Bergabung dengan SERLOK Sobat tidak perlu repot lagi untuk mengirimkan barang atau paket karena sudah menpatkan layanan penjemputan gratis( Free Pickup) dari TIKI.

Pembayaran Fleksibel 

Jika Sobat bergabung dengan SERLOK, pembayaran sudah diintegrasikan dengan fintech. Sobat juga mendapatkan fasilitas pembayaran yang fleksibel yaitu H+2 melalui Virtual Account.

Integrasi API dengan webstore

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API sendiri merupakan antarmuka (interface) yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Bagi Sobat yang bergabung dengan SERLOK dan sudah mempunyai webstore atau toko online, dapat dengan mudah menggabungkan dengan layanan TIKI di webstore Sobat melalui API. Jadi Sobat tidak repot dan tinggal berjualan saja.

Promosi di media sosial dan aplikasi TIKI

Benefit lainnya adalah Sobat mendapatkan promosi di media sosial TIKI dan aplikasi TIKI. Jadi bisnis Sobat mendapatkan peluang untuk lebih banyak dilihat oleh lebih banyak calon pelanggan.

Tunggu apalagi yuk segera bergabung dengan SERLOK dan dapatkan keuntungan lebih banyak buat bisnis onlinemu.

 

#SERLOKTIKI