Blog image

Asrindra B.W

28 May 2021, 09:47

Berani Berubah Itu Baik

Kirana mengambil ponsel pintarnya. Ia ingin Paketnya segera di kirim. Santi, ibunya, menghampirinya dan berkata, “Kenapa tidak diantar saja ke kantor pengirimannya, kan lebih cepat”. Kirana menghentikan kegiatan di ponselnya dan tersenyum ke arah Ibunya, “Ma, sekarang sudah bisa kirim paket dari ponsel. Bukan seperti Jamannya Mama dulu yang kalo mau kirim paket mesti ke kantor pengirimannya”.

Sobat, Perubahan adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindarkan. Zaman berubah, teknologi berubah, bahkan kita pun mengalami perubahan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Yang kadang menjadi persoalan adalah, kadang kita tidak menyadari jika jaman sudah berubah. Kita masih asyik dengan kehidupan kita yang dari dulu “sudah begitu saja”. Padahal di luar, perubahan sudah berjalan dengan cepat. Nah bagaimana untuk menyikapi perubahan yang terjadi di sekitar kita? Ada beberapa tips tentang itu.

  1. Sadar dengan adanya perubahan
  2. Kapan terakhir kita mengamati diri kita di depan cermin? Coba sekarang kita coba kembali mengambil cermin. Perhatikan adakah yang berubah dengan saat terakhir kita bercermin? Dan coba lihat dengan seksama, apa yang berubah dari kita jika dibandingkan 5 tahun yang lalu. Setelah kita bercermin, cobalah lihat keluar. Adakah yang berubah dengan lingkungan kita?

  3. Belajar Berubah, tidak ada kata terlambat untuk belajar
  4. Perbedaan generasi, perkembangan teknologi akan memaksa kita untuk berubah. Suka atau tidak suka, perubahan itu pasti terjadi. Saatnya kita belajar untuk berubah. Tidak perlu malu jika bertanya dengan yang lebih muda atau yang lebih berumur dari kita. Yang jabatannya lebih tinggi atau bahkan yang tak punya jabatan sekalipun. Selama cara kita sopan, pasti mereka akan mengajari kita. Yang penting adalah kita mau belajar untuk berubah.

Santi mengambil ponselnya. Ia mendatangi Kirana, “Hape Mama belum bisa nih, Gimana sih?”. “Oh di unduh dulu Ma aplikasinya. Nih aku unduh aplikasi TIKI ya. Biar Mama bisa kirim pakai layanan PUTAR”, sahut Kirana. “Asik nanti Mama minta Papa juga unduh aplikasi TIKI biar Mama bisa dikirimin paket makanan kesukaan Mama”. Lalu Santi dan Kirana pun tertawa bersama.