Blog image

Asrindra B.W

11 June 2021, 09:22

3 Kunci Dalam Memulai Kebiasaan Baru

Ali sedang membersihkan sepedanya saat Bowo datang. “Wah rajin banget nih Bro, mantab deh makin kinclong”, kata Bowo.

“Masuk dulu Bro, gue ambilin minum dulu ya. “Oke bro.

Sambil menunggu, mata Bowo tertuju pada sebuah buku berjudul “Atomic Habit” karya James Clear.

Tak Lama Ali datang sambil membawa minum. “Ayo minum dulu Bro. Gue ada sirup baru dikirim nih dari Pangkal Pinang”. “Wih jauh”, kata Bowo. “Tenang, gue kan pakai SDS KITA dari TIKI. Jadi mau kirim makanan dari daerah-daerah itu semakin mudah”, jawab Ali.

“Wah keren, apalagi sekarang bacanya buku Atomic Habit lo bro”, kata Bowo. “Ah ini juga baru bro. Gue lagi mencoba membangun kebiasaan baru yang baik. Ya seperti membaca buku dan berolahraga”, jawab Ali. “Wih menarik tuh, bagaimana caranya?”, tanya Bowo.

“Misalnya nih membaca buku dengan rutin. Nah yang pertama, Ya gue bikin targetnya sederhana aja. Baca 15 menit setiap hari”. Kata Ali menjelaskan. ” Terus kedua, gue akan taruh buku itu di tempat yang mudah terlihat, biar gue jadi semakin ingin untuk baca terus. Dan ketiga, setiap habis baca buku selama 15 menit, gue akan kasih hadiah ke diri gue boleh minum kopi kesukaan gue”, kata Ali.

“Wih mantab”,kata Bowo. “Yang penting jangan kita skip atau lewatkan kebiasaan baik kita yang baru sebanyak dua kali. Karena biasanya kita akan mencari alasan untuk tidak melakukannya lagi”, Ali menjelaskan.

“Nah itu kalau menurut buku “Atomic Habit” yang gue baca itu namanya adalah Hukum 1 Persen. Jadi setiap 1 persen hal baik atau kebiasaan baru yang kita lakukan dengan konsisten, maka dalam setahun nanti kita akan mendapatkan progress sebesar 37 kali. Gitu Sob”, kata Ali.

“Oh gitu. Baiklah gue akan nyoba tips yang dari lo Bro”, kata Bowo. “Sip. Kunci utama kebiasaan baik adalah Pengulangan, bukan Kesempurnaan”, kata Ali. “Yuk sekarang kita gowes”. Tak lama Ali dan Bowo pun bersepeda bersama.