Blog image

Asrindra B.W

16 June 2021, 14:12

Bergerak Bersama Demi Kemajuan Bersama

“Kiri...Kanan...Kiri...Kanan!”, teriak Joko dengan semangat. Ia bersama Sinta dan Rendi sedang berlatih untuk lomba bakiak antar sekolah. Tiba-tiba..”Aduhh!” Brakk! Joko, Sinta dan Rendi jatuh bersamaan. Dan pertengkaran pun terjadi. “Ini salah Sinta nih”, kata Rendi. “harusnya kaki kiri dulu yang melangkah”, katanya lagi. Sinta tak mau kalah, “Ini gara-gara Joko nih, ngomongnya kiri, yang melangkah kaki kanan!”. Joko juga gak mau kalah, “Kalian harusnya ngikutin dong kan gue leadernya!”.

“Anak-anak ayo istirahat dulu!”, teriakan Pak Tio, guru olahraga mereka, segera membuat mereka langsung berhamburan. “Ayo minum dulu, panas kan di luar.Jangan sampai kalian dehidrasi.”

Anak-anak itu segera menyudahi latihan mereka dan berkumpul di sekitar Pak Tio. “Bagaimana hasil latihan kalian, ada yang sulitkah?”tanya Pak Tio pada Joko, Sinta, dan Rendi.

“Iya nih Pak, Sinta sama Rendi gak mau ikut perintah saya”, kata Joko. “Bukan begitu Pak, Joko ngomongnya kaki kiri dulu tapi dia melangkah kaki kanan dulu, kan bikin bingung Pak “, kata Sinta.

“O memang begitu Joko?”, tanya Pak Tio. “Iya Pak kadang saya lupa “, kayta Joko lagi. “ Kalau begitu ganti posisinya jadi Joko di belakang, kemudian Sinta, lalu Rendi di depan. “Joko kamu sebagai pemimpin harus sama perkataan dan perbuatan. Kalau kamu ngomong kiri ya kaki kiri kamu yang melangkah. Sinta kamu di tengah mendengar apa yang di katakan Joko ya. Rendi kamu di depan juga mendengar apa yang dikatakan Joko dan Sinta. Jika semua mengerjakan bagiannya masing-masing dan bergerak bersama, pasti kita bisa mendapat kemajuan bersama .”kata Pak Tio menjelaskan. “Sekarang ayo dimakan dulu Batagor dari Bandung sama sirup dari Lampung nih”, kata Pak Tio.” “Wah enak nih Pak,” kata anak-anak itu. “Pasti mahal nih kan dari jauh”, kata Rendi. “Nggak lah, kan sekarang ada layanan SDS KITA dari TIKI. Mulai dari Rp 25 ribu kita sudah bisa kirim makanan dari berbagai daerah di Indonesia “, kata Pak Tio lagi.

Seminggu kemudian, Lomba bakiak antar sekolah pun dimulai. Joko, Sinta, dan Rendi dari SD 05 Petang bersiap-siap melawan sekolah-sekolah lain. Segala hasil latihan ditambah dengan pesan-pesan Pak Tio tentang bergerak bersama demi kemajuan bersama membuat mereka tampil semangat dan percaya diri dalam bekerjasama. Dan ketika hasil nya di umumkan, SD 05 Petang mendapat posisi juara pertama dalam lomba bakiak mengalahkan sekolah-sekolah lain.