Blog image

Asrindra B.W

18 June 2021, 13:59

Suara Dari Jauh

Ale mengayuh langkahnya. Hari ini Ia dan ayahnya, Indra, sedang hiking di Gunung Papandayan. Indra berjalan di depannya. Tiba-tiba Ale tersandung akar dan terjatuh. “Aduh! “, jerit Ale. Jeritannya memecah keheningan di Gunung. Ale duduk sambil memeriksa kakinya. Tiba-tiba Ale sangat terkejut mendengar suara di kejauhan, “Aduh!”.

Ale sanagt penasaran dengan suara itu, Ia berteriak lagi, “Kamu siapa?”, dan suara itu terdengar lagi, “Kamu siapa?”. Ale marah. Dengan geramnya Ia berteriak lagi, “Ayo keluar kalau berani, Pengecut!” dan lagi-lagi suara itu pun terdengar persis sama seperti yang Ale teriakkan.

Indra mendengar suara-suara itu, ia tersadar anaknya sudah tidak ada di belakangnya. Segera ia kembali menyususi jalan yang telah ia lewati untuk menemukan anaknya. Dan Ia menemukan Ale sedang terduduk. “Kenapa Mas?”, tanya Indra. “Ale tadi terjatuh Pa, tersandung akar. Ada lecet sedikit nih di kaki tapi nggak apa-apa kok”, kata Ale menjelaskan. “Cuma yang bikin aku kesal ada seorang yang ngikutin aku terus kalau aku teriak Pa”, kata Ale lagi. Indra tersenyum. “Oh iya? Seperti apa?”, tanya Indra pada anaknya. Dan Ale berteriak lagi, “ Hei kamu, ini ada Papa aku, ayo keluar kalau berani!”, kata Ale. Dan suara pun kembali terdengar seperti yang Ale ucapkan.

Indra pun tersenyum. Ia berkata kepada anaknya, “Nah sekarang coba mas Ale perhatikan”. Indra berteriak, “Aku bangga padamu”. Dan suara itupun menjawab, “Aku bangga padamu”. Indra berteriak lagi,” Kamu adalah pemenang!” dan suara itu menjawab lagi, “Kamu adalah pemenang!”.

Ale masih bingung dan heran. Indra tersenyum, Ia duduk di samping anaknya. Sambil memeriksa dan mengobati kaki anaknya ia menjelaskan. “Suara yang kamu dengar itu adalah GEMA. Itu terjadi karena suara kita memantul pada batu di sekitar pegunungan ini. Nah demikan juga di kehidupan Mas. Kehidupan kita adalah pantulan dari tindakan atau perbuatan kita. Bila kita ingin banyak mendapatkan kasih sayang ya jangan egois, Kasihi orang lain juga. Bila kamu mau mendapat tim yang bersemangat, ya tunjukan juga semangatmu kepada mereka. Kalau kamu berbuat yang baik maka pantulannya akan baik, demikian juga sebaliknya”.

“Nah, sekarang lukanya sudah di obati, kita istirahat sebentar di sini. Ini ada kue Mochi dari Cianjur sama bandrek. Kemarin Papa pesan pakai SDS KITA dari TIKI.”, kata Indra. “Oke Pa”, kata Ale.

Setelah selesai beristirahat, merekapun segera melanjutkan perjalananya menuju puncak Gunung Papandayan.