Blog image

Asrindra B.W

21 June 2021, 14:57

Ubah Sikapmu, Maka Hidupmu Akan Berubah

Pagi Itu Retno sudah menggerutu, “Aduh ini kerjaan banyak banget sih yang mesti di kerjain”. Anjani, teman yang duduk di sebelahnya segera menoleh dan berkata, “Ada yang bisa aku bantuin gak Mbak?”, tanya Anjani. “Iya nih, aku mesti bikin laporan hasil meeting kemarin, belum lagi email Pak Hari, terus kirim barang buat Bu Hesti. Banyak banget!”, kata Retno. “Kamu bener nih mau bantuin?” tanya Retno lagi. “Iya sini kerjaanku sudah hampir selesai”, jawab Anjani. “Wah, kamu cepet bener ngerjainnya”, kata Retno. “Kalau begitu bantuin aku bikin laporan hasil meeting kemarin boleh ya?”, tanya Retno. “Siap Mbak”, kata Anjani.

Ketika makan siang bersama, Retno bertanya pada Anjani, “Kok aku lihat kayanya kamu itu kerjanya semangat terus. Kerjaannya beres terus. Kok kamu bisa sih?”. “Mbak bisa aja. Aku habis membaca buku “Attitude Is Everything” karya Jeff Keller. Nah dari buku itu aku belajar banyak, terutama untuk mengubah sikapku Mbak.

Yang pertama, itu dimulai dari mengubah pikiranku. Aku tuh dulu ya mikirnya negatif mulu, mengeluh mulu. Nah aku coba ubah pikiranku dari mengeluh mulu, ke bersyukur. Kalu ada banyak kerjaan ya aku bersyukur karena masih ada pekerjaan, soalnya aku pernah gak dapet pekerjaan Mbak. Kalau Bos marah ya bersyukur saja berarti masih ada yang perhatikan kita. Dan ketika aku mengubah sikapku, maka dunia yang aku jalani kayanya berubah lebih cerah.

Terus yang Kedua, aku belajar waspada dengan ucapan. Soalnya Pikiran akan menjadi Ucapan, Ucapan akan menjadi Keyakinan, Keyakinan akan menjadi Tindakan, dan Tindakan akan menjadi Hasil. Aku belajar dalam keadaan sulitpun, aku coba merespon dengan positif. Soalnya berasa banget kalau kata-kata kita itu negatif, maka akan berefek dalam hidup kita. Kaya muka kita jadi lesu, terus badan jadi gak semangat. Dan kalau sudah gak semangat pasti kerjaan gak selesai Mbak.

Nah yang ketiga aku menjaga lingkunganku dengan hal positif. Kalau ada teman-teman yang udah ngeluh-ngeluh gitu ya aku jaga biar gak ikutan negatif. Aku baca buku atau aku dengerin musik yang bikin semangat lagi. Soalnya pikiran yang terjaga akan memberikan hasil yang luar biasa. Kalo semua udah gak mempan, ya aku tinggal ke kamar mandi, nunduk terus doa deh. Pernah juga aku sambil nangis doa sama Tuhan. Habis itu semangat lagi deh”, kata Anjani menjelaskan. “Wah kamu hebat banget ya, aku belajar banyak nih dari kamu Anjani”, kata Retno. “Aku masih belajar kok Mbak”, kata Anjani.

“Eh iya aku mesti kirim dokumen ke Bu Hesti nih, beliau lagi kerja di rumah”, kata Retno. “Oh pakai PUTAR aja Mbak. Layanan Jemput Antar dari TIKI. Tinggal buka dari aplikasi TIKI Mbak. Kemarin aku pakai Layanan PUTAR cepat sampainya”, kata Anjani. “ Oh boleh juga tuh, aku siapin dokumen yang akan diantar ya”, kata Retno. “Ayo Mbak aku bantuin”, kata Anjani. Dan mereka pun kembali ke ruang kerja mereka.