Blog image

Asrindra B.W

29 June 2021, 08:28

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Isolasi Mandiri

Hendra merasa lemas saat hasil tes swab antigennya di nyatakan postif Covid 19. Ia segera memberitahu istri dan anak-anaknya untuk menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri di rumah. Beberapa hari kemudian, Hendra semakin lesu, kesehatanya juga mulai terganggu.

Istri Hendra yang khawatir akan kesehatan suaminya segera menghubungi Dokter Iwan, sahabat Hendra. Dan di sela-sela kesibukannya di rumah sakit, Dokter Iwan segera menghubungi sahabat lamanya.

“Apa kabar Bro?”, tanya Dokter Iwan ketika bervideo call dengan Hendra. “Baik bro “, jawab Hendra datar. “Kenapa Bro, lesu banget, ada kepikiran apa?”, tanya Dokter Iwan. “ Iya bro, banyak yang kupikir nih. Kenapa ya aku bisa kena covid, trus kapan aku bisa sembuh. Aku lihat Berita-berita di televisi dan media sosial kayanya buruk terus. Terus pekerjaanku juga banyak banget yang harus diselesaikan”, kata Hendra menjelaskan.

“Jangan semuanya dipikirin Bro. Sekarang kita mulai dari hal yang sederhana ya."

  1. Batasi penggunaan telepon genggam dan media sosial serta menonton televisi. Perbanyak membaca buku atau dengarkan lagu podcast motivasi. Atau chanel Youtube yang humor juga boleh Bro.
  2. Perbanyak beraktivitas seperti berolahraga ringan dan berjemur di sinar matahari.
  3. Kalau mulai muncul kekhawatiran, perbanyak bersyukur biar senang Bro. Kalau bisa tulis apa yang kita syukuri hari ini. Perbanyak beribadah atau bernyanyi. Ingat hati yang gembira adalah obat yang manjur.
  4. Tidur yang cukup Bro. Karena dari istirahat, imun kita bisa bertambah.
  5. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran serta vitamin.

Nah aku sudah kirim buah sama vitamin ya buatmu Bro. Aku kirim pakai layanan PUTAR dari TIKI.Sebentar lagi pasti sampai rumahmu”, kata Dokter Iwan. “Iya Bro, itu istriku lagi terima paketmu dari Mas TIKI.Terimakasih ya Bro”, kata Hendra. “Iya Bro, cepat pulih ya”, kata Dokter Iwan. Lalu merekapun melanjutkan obrolan mereka.