Blog image

Asrindra B. W.

27 August 2021, 16:07

5 Aturan Untuk Menjadi Pemimpin

“Bud, nanti kita ngopi dulu sebentar sebelum pulang.”, ajak Reza kepada Budi saat mereka telah selesai membersihkan ruang kantor divisi Sales. Reza dan Budi adalah Office Boy di perusahaan logistik di Jakarta. “Ayo “, kata Budi.

Setelah berganti pakaian, mereka menuju warung Bu Ami di sebelah kantor mereka. Saat Reza sedang memesan kopi, Budi menunggu sambil membaca buku “Seni Memimpin Tanpa Jabatan” karya Robin Sharma. “Ini dia kopinya Bud “, kata Reza sambil membawa kopi. “Wih mantab bacaannya.” Kata Reza saat melihat buku yang sedang dibaca Budi. “Bagaimana Bro, biar kita bisa menjadi pemimpin?”, tanya Reza.

Nah kalau menurut buku ini semua kita bisa menjadi pemimpin asal mengikuti 5 Aturan ini.

  1. Inovasi
    Inovasi berarti kita berani kreatif dalam melakukan pekerjaan kita. Tanpa Inovasi, hidup tak ubahnya mati. Dengan inovasi kita mempunyai keunggulan dari yang lain.
  2. Menjadi ahli
    Menjadi ahli berarti kita benar-benar menguasai apa pekerjaan kita dengan baik.
  3. Autentik
    Nah sikap Autentik adalah salah satu karakter terdalam menjadi pemimpin. Bukan hanya menjadi andal,menjunjung misi dan nilai, dan bicara terus terang tapi juga menyadari
  4. semua potensi, terbuka, jujur dan membuat orang merasa aman di dekat kita.
  5. Naluri keberanian
    Ini berarti kita harus mempunyai keberanian dan gigih. Berani mencoba hal baru atau tanggung jawab baru. Dan gigih dalam menjalaninya
  6. Etika
    Dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan, penting untuk menjaga nilai secara konsisten dan menjaga nama baik.

“Nah begitu menurut buku ini Bro”, kata Budi selesai menjelaskan. “Wah berarti kita semua bisa menjadi pemimpin ya, asal mengikuti 5 aturan itu.”, kata Reza. “Aku jadi tambah semangat nih”. “Ya sudah ayo habiskan kopi dulu nih, keburu dingin.”, kata Budi. Lalu mereka berduapun menghabiskan waktu dan kopi bersama.