Blog image

Asrindra B. W.

13 September 2021, 15:48

5 Aturan Menjadi Pemimpin yang Disegani dan Dihormati

Andri sedang menikmati kopinya saat ia mendengar namanya di panggil Pak Mukhtar atasannya. “Ya Pak ?” kata Andri saat masuk ke ruangan Pak Mukhtar. “Ndri, kamu jadi Team Leader ya buat perayaan ulang tahun kantor kita yang ke 51 tahun”, kata Pak Mukhtar.

Selesai dari ruangan Pak Mukhtar, Andri tampak bingung. Ia mendatangi sahabatnya Gisel di meja kerjanya. “Sel, bantuin gue dong. Gue diminta jadi ketua perayaan ulangtahun kantor nih. Gue mesti ngapain nih?”, tanya Andri. “Wah selamat ya Ndri. Santai aja, jangan bingung dulu. Karena lo dah jadi Team Leader, nih ada tips yang ada dari buku bagus dari Robin Sharma. 5 Aturan Menjadi Pemimpin yang Disegani dan Dihormati

  1. Tolong Menolong
    Seorang pemimpin harus mempunyai jiwa menolong orang lain. Karena dalam dirinya ia juga yakin bahwa ia juga ada karena pertolongan orang lain. Salah satu poin penting agar menjadi seorang pemimpin adalah selalu melakukan lebih daripada tugasmu.
  2. Pengertian
    Untuk membangun hubungan berkualitas, tidak hanya mempunyai sikap penolong tetapi juga perlu mampu memahami orang lain. Kurangi bicara dan persering mendengar. Mungkin kelihatan sepele, tapi sesungguhnya mendengarkan dengan tulus adalah salah satu tindakan utama yang paling berani dan paling jarang dari kepemimpinan.
  3. Membaur
    Jalin komunikasi dengan rekan-rekan timmu dan bekerjasamalah dengan para pelangganmu. Siklus ini sangat bernilai.
  4. Gembira
    Bekerja dengan gembira akan membantu meningkatkan produktivitas. Ketika orang bekerja dengan senang hati, tingkat stress akan lebih rendah dan makin bersemangat untuk bekerja lebih giat.
  5. Merawat
    Merawat berarti menjaga hubungan dengan orang lain. Bersikaplah semenyenangkan mungkin. Jadikan setiap orang yang berpapasan denganmu lebih baik, lebih bahagia, dan lebih dekat daripada saat pertama kau bertemu dengan mereka. Tidak boleh memperlakukan orang lain seperti benda, karena mereka bukan benda. Jagalah orang lain dan keuntungan akan mengalir dengan sendirinya.

Nah begitu Bro, kata Gisel menjelasakan.”Wah keren tipsnya. Tapi benar yak bantuin gue”, kata Andri. “iya pasti gue bantuin.