Blog image

Asrindra B. W.

04 October 2021, 10:03

Rahasia untuk Memberikan Kesan Pertama yang Sangat Menarik (bagian pertama)

Pagi hari Siska sudah berada di kantornya. Hari ini Ia ada meeting dengan calon klien. Selagi Siska merapikan rambutnya, Dian datang. “Hai Sis, bagaimana sudah siap?”. “Sudah Mbak Dian”, kata Siska. “Yuk kita berangkat. Jangan sampai kita terlambat soalnya Ibu Margareth itu orangnya tepat waktu”, kata Dian.

Saat di mobil, Siska melihat sebuah buku “The Science of Influence” karya Kevin Hogan. “Wah Mbak Dian suka baca buku juga ya,” tanya Siska. “Iya Sis, aku usahakan membaca buku untuk meng upgrade diriku. Seperti di buku itu ada Rahasia untuk Memberikan Kesan Pertama yang Sangat Menarik. Berguna banget buat kita yang sering bertemu dengan calon pelanggan.

  1. Faktor berpakaian. Berpakaianlah kira-kira 10 persen lebih baik daripada cara berpakaian klien/pelanggan. Jangan berpakaian berlebihan atau kurang menarik karena mereka akan menganggap itu tidak sopan.
  2. Rapilah ketika bertemu dengan klien/pelanggan. Memakai parfum secukupnya agar kita mempunyai aroma segar. Kemudian upayakan rambut kita teratur dan rapi, dan secara fisik terlihat baik.
  3. Faktor kesamaan. Orang akan merasa nyaman kalau penampilan, keyakinan, atau nilai orang lain mirip dengan mereka. Perkirakanlah nilai-nilai dan keyakinan klien/pelanggan dan cobalah menyamai atau setidaknya sadarilah faktor-faktor tersebut sehingga kita siap memberikan kesan pertama yang terbaik
  4. Faktor nilai. Cari tahulah nilai-nilai yang dianggap penting oleh orang yang menjalin bisnis dengan kita. Nah unuk ini Aku sempat tanya-tanya ke orang yang kenal dengan calon klien. Apa kesukaan mereka, kebiasaan dalam meeting. Kemudian tentukanlah nilai-nilai yang relevan dari produk/jasa kita yang kita bisa tawarkan ke mereka.
  5. Tanyakanlah kepada klien bagaimana kita dapat memenuhi nilai-nilai atau kebutuhan mereka dan tahu bahwa nilai-nilainya sudah terpenuhi. Misalnya tentang pelayanan yang bagaimana yang mereka harapkan dari produk atau jasa kita.

“Tenang saja, nanti kamu juga akan bisa Sis”, kata Dian menjelaskan. “Iya Mbak . Aku harus banyak baca buku dan belajar dari pengalaman Mbak nih”, kata Siska. “Eh sambil ke tempat Ibu Margareth kita mampir dulu ya ke Drive Thru TIKI di Jalan Pemuda Rawamangun ( https://goo.gl/maps/71iUuMxAkzJ2iw889). Sekalian lewat. Aku mau kirim paket buat keluargaku di Jogja. “Wah Mbak Dian pakai TIKI juga ternyata. Sama Dong kita”, kata Siska.