Blog image

Admin

15 November 2021, 14:19

7 Cara Membangun Personal Branding Untuk Mendongkrak Kariermu

Hai Sobat, di Hari Senin ini semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Dalam dunia kerja, salah hal yang penting adalah Personal Branding. Apa itu personal branding? Personal branding adalah bagaimana cara kamu membentuk citra dirimu, baik dari karakter maupun ketrampilan yang kamu miliki. Memang seberapa penting personal branding untuk karir ke depannya? Kalau menurut Mas TIKI, personal branding memiliki peran yang sangat penting dalam menggapai peningkatan karirmu ke depannya. Karena ketika orang-orang sekitarmu mengetahui bahwa kamu memiliki sebuah karakter dan keahlian kuat dalam suatu bidang, akan terbuka banyak kesempatan dan jalan dalam membangun karirmu. Melalui personal branding, orang dapat mengenal apa kelebihanmu dan akhirnya mau bekerja sama denganmu.

Jika Sobat ingin serius membangun personal branding, Mas TIKI kasih 7 cara membangun personal branding

  1. Jadilah dirimu sendiri
    Iya sob, jangan jadi seperti orang lain. Nanti kamu bakal capek. Coba gali dan tanyakan ke diri sendiri apa kekuatanmu dan kelemahanmu. Sebab didalam membangun personal branding yang terpenting adalah mengembangkan dan memahami dirimu sendiri. Berani menjadi diri kita yang unik dan otentik.
  2. Pilih satu bidang yang di kuasai
    Tidak perlu menjadi generalis atau ingin bisa semuanya. Pelajari satu bidang yang benar-benar kita inginkan. Pelajari bidang itu hingga kita menguasainya. Kata kuncinya adalah diferensiasi. Ini adalah elemen penting dalam personal branding. Inilah yang ebedakan kita dengan orang lain. Setiap orang itu unik dan berbeda. Itulah yang selayaknya kita bangun dan tonjolkan.
  3. Belajar, Belajar, dan belajar
    Hidup itu belajar. Tidak peduli seberapa ahli Sobat dalam suatu bidang saat ini, ingatlah bahwa perubahan akan terjadi dengan cepat. Karena itu perbarui pengetahuan kita terhadap bidang atau industri yang kita tekuni dan penting juga untuk melihat trend yang terjadi.
  4. Lakukan dengan tekun
    Saat kamu menekuni bidang yang kamu kuasai, kamu akan semakin terlatih dalam bidang itu.Dengan menekuni bidang yang kamu kuasai, personal brandingmu akan mulai terbangun dengan sendirinya dan berbagai kesempatan baru akan datang.
  5. Memantul lebih tinggi dari sebelumnya
    Tidak usah malu jika kita mempunyai kelemahan atau kesalahan. Kalau di tempat kerja, kita punya kesalahan, terus di kritik, ya gak usah baper, terima kritikan itu, lihat apa yang bisa diperbaiki dari kita. Yang terpenting adalah kita tidak menjadi down setelah di kritik. Seperti bola jika di pukul ke bawah maka dia akan memantul kembali ke atas. Demikian juga kita, tidak menjadi susah hati jika ada kesalahan, melainkan sadari kesalahan kita, perbaiki, dan kembali ke performa kita.
  6. Perluas Jejaring pertemanan
    Saat kamu mengembangkan personal branding yang ideal, penting untuk membangun jaringan pertemanan secara luas untuk mengembangkan lingkaran profesionalmu. Semakin banyak koneksi yang kamu buat akan semakin banyak nilai yang dapat diberikan dalam interaksimu dan semakin besar pula kemungkinan personal brandingmu akan dikenali.
  7. Tunjukan dan lakukan
    Tidak perlu terlalu banyak bicara tentang apa kelebihanmu, atau kamu ahli dalam bidang tertentu.Tunjukan dan lakukan saja setiap tugas yang menjadi bagianmu dengan baik. Nanti orang lain pun akan melihat personal brandingmu.

Selamat membangun personal brandingmu sobat. Semoga karirmu terus meningkat. Selamat Senin bahagia. Semoga hidupmu meluap dengan kegembiraan, kedamaian dan cinta. Jangan lupa kalau kamu ingin kirim paket ya #pake TIKI aja 😊