Blog image

Admin

17 December 2021, 17:27

Tips Mengolah Sampah Dari Rumah

Hai Sobat. Kamu tahu gak kalau jumlah sampah Jakarta yang dikirim ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Bekasi dari tahun ke tahun trennya terus naik cukup signifikan. Dan akan selalu bertambah kalau kita tidak mengolah sampah kita dengan baik. Untuk itu kali ini Mas TIKI akan mengajak kita semua untuk mengolah sampah yang di mulai dari rumah kita.

MEMISAHKAN SAMPAH SESUAI JENISNYA

Cara pertama yang dapat sobat lakukan adalah memisahkan sampah menjadi 2 bagian, yakni organik dan anorganik. Sediakan 2 buah tempat sampah di rumah dan beri tanda untuk mempermudahnya. Cara seperti ini akan mempermudah kamu dalam memisahkan sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya.

MENGURANGI PEMAKAIAN PLASTIK SEKALI PAKAI

Kamu bisa mulai mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dengan benda-benda yang dapat digunakan secara berulang. Salah satunya seperti mengganti plastik dengan tas belanja kain, mengganti styrofoam dengan kotak bekal, dan memakai botol untuk mengurangi pemakaian air minum dalam kemasan. Perubahan yang kamu lakukan dapat memberikan dampak yang berarti bagi bumi dan alam.

MEMBUAT PUPUK DARI SAMPAH ORGANIK

Pengelolaan sampah selanjutnya juga dapat dilakukan pada sampah organik. Kamu tentunya sudah tidak asing dengan teknik daur ulang, bukan? Daripada membiarkan sampah organik berbau busuk karena karena bakteri pengurai ada baiknya kamu melakukan daur ulang dengan menjadikannya sebagai pupuk kompos pada tanaman. Kamu juga bisa menyumbangkan sampah organic pada penjual tanaman atau orang yang memiliki kesukaan berkebun.

MELAKUKAN DAUR ULANG PADA SAMPAH ANORGANIK

Kamu dapat mengelola sampah dengan memilih barang-barang yang masih dapat digunakan kembali. Misalnya botol kaca yang dapat dibersihkan dan digunakan kembali untuk menyimpan barang atau menjadikannya sebagai hiasan rumah.

Semoga tips dari mas TIKI ini dapat bermanfaat bagi kamu dan semoga bumi yang kita diami ini tetap lestari.