Blog image

Admin

03 January 2022, 08:44

5 Cara Terbaik untuk Lebih Produktif di Tempat Kerja di Tahun 2022

Halo Sobat TIKI, selamat memasuki Tahun Baru 2022! Di tahun yang baru ini, Mas TIKI mengajak Sobat untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dan berkarya. Biar Sobat lebih produktif di tempat kerja, Mas TIKI kasih tips untuk Lebih produktif di tempat Kerja.

Jadilah Lebih Produktif dengan Aturan Dua Menit

Ide sederhana ini dipopulerkan oleh Penulis David Allen dalam bukunya, Getting Things Done. Aturan Dua menit yaitu jika Sobat mempunyai tugas atau pekerjaan, coba selesaikanlah dalam waktu dua menit. Jika Sobat mempraktekkannya, aturan dua menit dapat menambah produktivitasmu di tempat kerja.

Hilangkan Keputusan yang Tidak Perlu untuk Menjadi Lebih Produktif

Ketegasan adalah penghemat waktu. Albert Einstein pada dasarnya mengenakan pakaian yang sama setiap hari. Ketika ditanya mengapa pakaiannya semua sama, Einstein mengatakan hal itu menghilangkan keputusan apa yang harus dipakai setiap pagi. Konsep itu dapat diperluas ke banyak keputusan yang harus kita buat. Tanyakan pada diri sendiri apakah keputusan itu penting, dan jika tidak, jangan memikirkannya. Baik mengotomatiskannya, seperti setelan Einstein atau membuatnya dengan cepat tanpa berpikir berlebihan.

Jangan Menunggu Inspirasi atau Motivasi

Jika Sobat tipe yang menunggu inspirasi motivasi, mulai saja kerjakan tugasmu, nanti ide akan muncul dengan sendirinya seiring dengan kita mengerjakan tugas, dan tanpa terasa kita sudah menyelesaikan tugas itu. Tindakan awal membebaskan kita dari perencanaan yang berlebihan atau kurangnya motivasi. Ini memicu percikan kreatif. Tindakan menghasilkan lebih banyak tindakan, jadi saat Kamu buntu, mulailah.

Belajar dari kesalahan

Kita semua merasakan pernah merasakan sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana. Apa yang membedakan orang sukses dari orang lain adalah kemampuan untuk belajar dari kesalahan (dan semoga tidak mengulanginya). Ketika menghadapi kegagalan, kita bisa belajar dan berusaha lebih baik lagi di lain waktu.

Prioritaskan "Hasil Penting" mu Setiap Hari

Saat kita bekerja, beberapa tugas harus diselesaikan pada tanggal tertentu, atau bahkan setiap hari. Pertimbangkan tugas-tugas itu sebagai “hasil penting” dari pekerjaanmu sehari-hari dan simpan daftarnya. Pastikan Sobat menganggarkan waktu untuk menyelesaikannya.

Selamat lebih produktif di tempat kerjamu ya Sobat.