Blog image

Admin

10 January 2022, 17:09

Tips Meningkatkan Fokus di Tempat Kerja

Sobat TIKI, Selamat hari Senin! Buat Sobat yang bekerja, pernah gak sih Sobat sulit berkonsentrasi untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan?Nah kali ini Mas TIKI akan memberikan tips untuk tetap fokus di tempat kerja:

Hilangkan gangguan

Sobat akan lebih produktif dan memiliki peluang lebih baik untuk tetap fokus ketika menghilangkan apa pun di sekitarmu yang dapat menyebabkan gangguan. Jika memungkinkan, coba simpan ponsel di ruangan lain atau tetap offline untuk meminimalkan gangguan. Bekerja sendiri atau di lingkungan yang tenang juga akan membuat Sobat lebih fokus.

Prioritaskan tugas

Jika Sobat memiliki banyak tugas untuk diselesaikan, jangan hanya membuat daftar tugas saja, tetapi juga memberi peringkat setiap tugas berdasarkan tingkat kepentingannya. Ini akan memudahkan Sobat untuk mengerjakan tugas dengan efektif.

Latih pikiranmu

Kurangnya fokus kita dalam pekerjaan biasanya diakibatkan oleh pikiran kita. Kita terlalu banyak memikirkan banyak hal ketika kita sedang mengerjakan tugas kita. Karena itu diperlukan kemampuan untuk tetap fokus. Ketika Sobat menginstruksikan pikiranmu untuk menjadi lebih fokus, Sobat bisa menjadi lebih aktif dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas di depanmu.

Alokasikan waktu untuk tugas-tugas tertentu

Saat menentukan tugas apa yang perlu Sobat selesaikan, pertimbangkan lamanya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Jadwalkan harimu dan latihlah keterampilan manajemen waktu yang akan membantumu menyelesaikan pekerjaan lebih efisien. Misalnya, alokasikan jam 8-10 pagi untuk menyelesaikan tugas satu, jam 10-11 pagi untuk menyelesaikan tugas dua dan seterusnya.

Istirahat setelah menyelesaikan tugas

Setelah tugas selesai, luangkan waktu untuk diri sendiri agar terhindar dari kelelahan. Meskipun menyelesaikan tugas dengan mantap itu penting, memberikan waktu kepada pikiranmu untuk mengisi ulang dan bersantai dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Selain itu, beristirahat juga dapat memberi momentum yang dibutuhkan ketika kembali bekerja.

Sobat, semoga dengan tips dari Mas TIKI kali ini dapat membantumu meningkatkan fokus dalam pekerjaanmu sehingga Sobat dapat menjadi karyawan yang lebih baik.