Blog image

Admin

18 April 2022, 15:13

TIPS ANTI LEMAS SAAT BERPUASA

Hai Sobat, masih berpuasa kan? Mantabb.. Buat kamu yang masih bertahan berpuasa di hari ke 16 ini, Mas TIKI mau kasih Tips Anti Lemas Saat Berpuasa..

Sahur

Usahakan sahur ya Sobat. Karena makan sahur akan membuat cadangan energi dalam tubuh lebih lama tersimpan Sahur juga mencegah kelelahan dan membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

Tidur malam lebih awal

Jika memang tidak ada kegiatan atau pekerjaan yang mendesak, sebaiknya gunakan waktumu untuk tidur malam lebih cepat. Tidur malam untuk mengganti tidurmu yang berkurang dan akan sangat membantu tubuhmu supaya kuat menjalani puasa.

Olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti kita tidak bisa berolahraga ya sobat. Waktu yang baik untuk olahraga yaitu setelah sahur atau menjelang waktu berbuka puasa. Berolahraga dapat membantu stamina kita ketika berpuasa.

Konsumsi sayur dan Buah

Konsumsi sayur dan buah saat sahur dan berbuka puasa akan menambah serat, vitamin, dan gizi lainnya. Konsumsi sayuran yang kaya serat makanan seperti sayuran hijau akan mengurangi rasa haus selama puasa. Selain itu konsumsi sayur dan buah dapat membantu mencegah sakit kepala akibat hipoglikemia dan dehidrasi.  

Tidur Siang

Tidur siang di jam istirahat saat bekerja juga dianjurkan saat sedang berpuasa. Tidur siang sangat membantu kamu menghemat energi. Tidur siang juga bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Karena dengan tidur siang terbukti membatasi hormon ghrelin dan meningkatkan hormon leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

Oke Sobat, Selamat menjalankan Ibadah Puasa ya!