Blog image

Admin

20 April 2022, 17:05

KIRIM IKAN HIAS PAKAI TIKI AJA

Ikan hias masih diminati berbagai kalangan. Baik untuk sekadar hobi hingga untuk bisnis ikan hias. Para penjual ikan pun banyak dijumpai di berbagai daerah. Malahan tak sedikit pula yang memasarkan ikan hias melalui situs belanja online.

Hal yang wajib diperhatikan adalah pengemasan ikan. Mas TIKI akan berikan tipsnya nih..

Batasi Pemberian Pakan Ikan Sebelum Dikirim

Sebelum dikirim, pemberian pakan kepada ikan perlu dibatasi supaya ikan tidak banyak membuang kotoran ketika dikirim. Sebab kotoran ikan akan membuat kemasan terkontaminasi dengan amoniak yang terdapat di kotoran ikan. Lalu zat amoniak inilah yang akan menyebabkan ikan keracunan dan berpotensi mati ketika pengiriman.

Seleksi Jenis dan Ukuran

Gabungkan ikan dengan jenis dan ukuran yang sama, jika ikan yang dikirim memiliki jenis atau ukuran yang berbeda, jangan dimasukkan ke dalam tempat yang sama. Karena menyatukan jenis ikan atau ukuran yang berbeda berpotensi membuat ikan berkelahi di dalam sehingga berpotensi ikan akan mati.

Sesuaikan Kapasitas Dengan Daya Tampung

Sesuaikan jumlah ikan hias yang akan dimasukkan ke dalam tempat, jangan terlalu penuh ya Sobat, supaya ikan memiliki ruang banyak untuk bergerak. Jika ikan hias yang dikirim berjumlah banyak, maka masukkan tambahkan plastik untuk menampung ikan supaya tidak sempit

 Siapkan Plastik Untuk Oksigen

Gunakan plastik yang tidak terlalu kecil supaya ikan bisa leluasa bergerak di dalamnya. Jangan lupa untuk memberikan oksigen ke dalam plastik supaya ikan tidak kehabisan nafas ketika pengiriman dan mengurangi kemungkinan ikan mati di jalan.

Gunakan Box Styrofoam Untuk Packing Luar

Setelah ikan dimasukkan ke dalam plastik, kamu bisa memasukkannya lagi ke dalam box styrofoam. Pastikan plastik yang berisi ikan tadi tidak berguncang dan bergelinding di dalam box styrofoam. Jika ada celah yang memungkinkan plastik ikan bergerak, gunakan kertas koran atau bubble wrap untuk menutup celah-celah tersebut. Karena plastik akan berpotensi pecah ketika berguncang dan bertabrakan satu sama lain.

Segel  Box Dengan Lakban

Setelah semua plastik berisi ikan dimasukkan ke dalam box styrofoam, segel semua permukaan box dengan lakban. Penyegelan box dengan lakban juga untuk meminimalisir ketidakstabilan suhu udara saat pengiriman yang akan membuat ikan tidak nyaman dan berpotensi mati.

KIRIM PAKAI TIKI AJA

Iya karena kalau kamu kirim ikan hias pakai TIKI kamu bisa mengirim ikan hias mulai dari 1 Kg. Jadi tunggu apa lagi. Yuk kirim ikan hias pakai TIKI aja!