Blog image

Admin

25 April 2022, 16:55

YUK NABUNG MUMPUNG BARU GAJIAN

Hai Sobat. Kamu sudah memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan? Kalau belum, ayo mulai dari sekarang mengelola keuangan. Sebab mengelola keuangan sangat penting agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Nah, berikut beberapa tips dan cara mengatur gaji bulanan dari Mas TIKI agar bisa tetap menabung... 

Buat anggaran pengeluaran sesuai kebutuhan

Buatlah daftar semua pengeluaran kamu setiap bulannya, seperti uang sewa, tagihan listrik, makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Lalu coba bedakan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan. Dengan membuat daftar biaya pengeluaran ini Sobat dapat memperkirakan berapa jumlah uang yang dikeluarkan. 

Gunakan aturan 50-30-20 

Aturan 50/30/20 adalah memilah gaji kamu dalam tiga kategori utama, yaitu:

  • 50% untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari, contohnya biaya sewa, makan, dll
  • 30% untuk memenuhi keinginan, contohnya nonton bioskop, shopping, dll
  • 20% untuk ditabung dalam instrumen keuangan seperti dana darurat, investasi, dll. 

Gak Usah flexing

Sekarang ini banyak yang suka flexing atau memamerkan kekayaan dari mobil mewah hingga pakaian bermerek di sosial media. Belilah barang yang memang kamu butuhkan, jangan buang-buang duit untuk membeli sesuatu hanya untuk pamer ke orang lain.  

Tetapkan tujuan keuangan jangka panjang

Sobat harus menetapkan tujuan keuangan jangka panjang, misalnya membeli rumah, uang pendidikan anak-anak, dan biaya hidup setelah pensiun, dll. Kamu dapat belajar mengalokasikan sebagian dari gaji untuk tujuan yang jelas.

Alokasikan gaji untuk investasi

Investasi itu penting lho sobat. Mumpung kamu masih gajian, yuk sisihkan sebagian dari gajimu untuk di tabung, kemudian kamu dapat investasikan. Sudah banyak alat atau cara untuk menginvestasikan uang lebihmu seperti reksadana, obligasi, saham atau pasar uang. Pilihlah instrumen sesuai dengan profil risiko ya Sobat. Jangan lupa pelajari terlebih dahulu sebelum kamu melakukan investasi.

Selamat menabung Sobat!