Blog image

Admin

02 May 2022, 09:37

MANFAAT SILATURAHMI DI HARI RAYA IDUL FITRI

Hai Sobat. Saat Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini, silaturahmi merupakan saat yang tepat untuk mempererat hubungan persaudaraan dan persahabatan, serta berbagi kebahagian bersama. Hal ini bukan hanya sekedar tradisi turunan, namun sebuah amalan mulia dan kewajiban agama. Dari ayat-ayat Al Qur’an dan hadits, menjalin tali silaturahmi ini dapat membawa berbagai hikmah dalam kehidupan kita. Berikut adalah beberapa manfaat dari silaturahmi...

Merekatkan Tali Persaudaraan

Dengan berkumpul bersama anggota keluarga besar, kita dapat mempererat tali persaudaraan. Mungkin saja kamu tinggal jauh dengan saudara kamu. Atau mungkin sudah lama tidak bertemu dan jarang berbicara. Gunakan waktu silaturahmi saat lebaran untuk memperbaiki hubungan persaudaraan ini. Untuk mengatasi masalah tidak bisa berjumpa secara langsung karena pandemi, kita bisa memanfaatkan teknologi video call dengan menggunakan laptop atau handphone, serta pastikan internet lancar di rumah masing-masing.

Menunjukkan Iman kepada Allah SWT

Seorang yang beriman kepada Allah SWT berarti melakukan tiga unsur penting: percaya dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan wujud amal perbuatan. Salah satu cara untuk menunjukkan iman kita sebagai hamba-Nya yang setia adalah dengan menjalani silaturahmi.

Kesehatan Mental

Manfaat silaturahmi bisa juga untuk menjaga kesehatan mental kita loh. Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan sesama untuk menjalani kehidupan.  Silaturahmi saat lebaran merupakan kesempatan untuk bertukaran cerita, menanyakan keadaan hidup, dan menjalani berbagai kegiatan seru bersama. Hal-hal kecil ini secara tidak langsung memperbaiki mood dan mengurangi stress. 

Mampu Memperluas Rezeki Seseorang

Silaturahmi mempermudah kita untuk membantu kerabat atau anggota keluarga jika suatu saat ada salah satu dari mereka yang membutuhkan bantuan. Membantu keluarga yang sedang kesulitan dapat kita anggap sebagai sedekah. Allah SWT pun menjanjikan kemudahan dan pahala bagi siapa saja yang mampu memperpanjang tali silaturahmi dan memudahkan urusan saudaranya. Janji Allah tersebut tertuang dalam sabda r yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Hari kemenangan telah tiba, stay safe and healty. Mohon maaf atas segala salah yang sengaja maupun tidak sengaja. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan untuk kita semua.