Blog image

Admin

13 May 2022, 14:42

TETAP BUGAR SAAT HAWA PANAS MELANDA

Hai Sobat. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKGsuhu panas melanda Indonesia hingga pertengahan Mei 2022. 

Hal ini dikarenakan matahari yang berada dekat dengan jalur khatulistiwa. Bahkan suhu panas ini bisa mencapai angka 38 derajat celcius.

Sobat merasakan juga gak? Nah agar Sobat tetap bugar saat hawa panas melanda, ini tips dari Mas TIKI...

1.Atur Suhu Ruangan

Sobat dihimbau untuk tidak terlalu lama berada di bawah terik matahari. Masuklah ke dalam ruangan dengan sirkulasi yang bagus, banyak ventilasi udara dan suhunya sekitar 20 sampai 23 derajat Celcius. Apabila menggunakan penyejuk udara atau kipas angin, maka atur supaya tidak terlalu dingin atau berangin. 

2. Segera Minum Saat Haus

Haus merupakan cara tubuh untuk mengisyaratkan bahwa mereka butuh lebih banyak cairan. Cobalah menyimpan satu botol air penuh di dekat kita, jadi saat haus, Sobat bisa langsung meminumnya.

3.Penangkal Sinar Matahari
Jika Sobat harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya atau busana yang menutupi tubuh dengan bahan adem untuk mencegah kerusakan kulit. Jangan sampai kulit terbakar sinar matahari dalam waktu lama karena berpotensi mengakibatkan kanker kulit.

4.Perbanyak Konsumsi Buah-buahan
Sebagai camilan saat cuaca terik, pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, mangga, jeruk, dan buah naga. Makanan tersebut akan membantu menjaga suhu tubuh sekaligus menutrisi.

5. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah dehidrasi. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan banyak minum air putih dan makan makanan sehat. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih saja.

Selamat beraktivitas ya Sobat!