Blog image

Admin

10 June 2022, 16:11

HINDARI SEREMPETAN, INI LANGKAH AMAN SAAT MENYALIP KENDARAAN DI JALAN

Hai Sobat. Saat kamu berkendara, berarti kamu tidak hanya mementingkan keselamatan diri sendiri, namun juga keselamatan orang lain. Karena itu sebagai pengendara, kamu harus memerhatikan aturan lalu lintas yang berlaku ya.

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan secara keliru oleh pengendara adalah menyalip. Yoi gaess, menyalip kendaraan di depan itu ternyata ada aturannya loh. Nah ini langkah aman saat menyalip kendaraan ala Mas TIKI...

Melewati jalur sebelah kanan

Kalau kamu mengemudi kendaraan bermotor yang akan melewati kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur jalan sebelah kanan dari kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.

Pastikan ada ruang di lajur kanan

Sebelum memutuskan untuk menyalip kendaraan yang ada di depan, pastikan bahwa ada ruang di lajur kanan. Hal ini untuk memastikan kendaraan kamu bisa leluasa saat menyalip. Juga agar tidak berisiko terjadi serempetan yang bisa menyebabkan kecelakaan. Jika dirasa tidak ada ruang di lajur kanan, sebaiknya tidak mencoba atau nekat untuk mendahului. karena hal itu  bisa membahayakan kamu dan juga pengendara lainnya.

Perhatikan kendaraan lain dari berbagai sisi

Jika kamu ingin menyalip, lihat juga pergerakan kendaran lain dari sisi depan, belakang serta sisi samping. Kamu dapat menggunakan kaca spion untuk memeriksa kendaraan lainnya. 

Menyalakan lampu isyarat 

Menyalakan lampu isyarat atau sein kendaraan menjadi hal yang wajib kamu lakukan sebagai pengendara sebelum menyalip kendaraan lain di depan kendaraanmu. Dengan menyalakan lampu sein ini berarti kamu memberikan petunjuk bagi pengendara lain jika ingin mendahului atau berbelok. Dengan menyalakan lampu sein juga memberikan informasi kepada pengendara lain di depan maupun di belakangmu saat hendak menyalip.

Jangan memaksa menyalip

Saat kamu menyalip usahakan agar penuh perhitungan dan tidak terbawa emosi. 

Ingat keluargamu menunggumu di rumah, jadi berekendara dengan aman ya Sobat!